Safari 3 Minggu Airlangga Hartarto Bertemu 3 Ketum Parpol

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 11:50 WIB
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto (Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta -

Dalam kurun waktu tiga minggu ke belakang, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto rajin bertemu dengan sejumlah petinggi partai politik. Tiga minggu berkeliling, tiga ketum parpol sudah Airlangga temui.

Ditarik dari pertengahan Februari hingga awal Maret 2021, Airlangga Hartarto sudah bertemu dengan tiga ketum parpol, dari Partai NasDem hingga Partai Gerindra. Yang pertama ditemui Airlangga adalah Ketum Partai NasDem Surya Paloh.

"Pertemuan hari Minggu, 14 Februari yang lalu, di kediaman Vila Pak Surya Paloh di Pulau Kaliage-Kepulauan Seribu. Pertemuan silahturahmi antara Ketum Golkar dan Ketum NasDem. Kedua partai adalah pendukung dan koalisi Kabinet Indonesia Maju," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate ketika dihubungi, Senin (1/3/2021).

Johnny G Plate mengakui Airlangga dan Surya Paloh bertemu sembari mendiskusikan situasi terkini politik nasional. Salah satu tema pertemuan keduanya, kata Johnny, terkait dukungan Golkar dan NasDem atas pemerintahan Presiden Jokowi dalam situasi COVID-19.

Johnny tidak mengkonfirmasi adanya pembahasan perihal Pilpres 2024. Namun, menurutnya, ada agenda politik nasional yang dibahas oleh keduanya, termasuk soal konvensi capres. Konvensi capres adalah gagasan Partai NasDem yang rencananya digelar pada 2022.

"Namanya juga dua ketum parpol bertemu, apalagi ketum parpol koalisi pemerintah, pasti banyak hal politik disinggung, termasuk agenda besar politik nasional," ujarnya.

"Jika secara bersahabat juga menyinggung potensi membentuk koalisi konvensi capres, maka hal tersebut wajar saja dan masuk akal. Namun, detail kerja sama politik, langkah-langkah strategis politik terkait konvensi, tentu akan dibicarakan bersama-sama di antara partai politik koalisi konvensi capres," lanjut Johnny.

Setelah dengan Surya Paloh, Airlangga Hartarto lanjut bertemu dengan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Suharso mengungkapkan pertemuan itu dalam Instagram resminya, @suharsomonoarfa, pada Selasa (2/3/2021). Dalam unggahannya, Suharso dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan melakukan pembicaraan terkait prospek ekonomi Indonesia.

"Di sela-sela makan siang, kami berbincang santai mengenai prospek ekonomi Indonesia ke depan. Saya dan Bapak Airlangga optimis perekonomian Indonesia dapat pulih kembali setelah adanya vaksinasi," kata Suharso dalam unggahannya seperti dikutip detikcom, Selasa (2/3).

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan pertemuan itu membicarakan isu kenegaraan. Khususnya terkait perencanaan nasional di bidang ekonomi.

Lebih lanjut Awiek tidak menepis jika ada pembicaraan politik lain dalam pertemuan itu. Sebab, tidak bisa dimungkiri keduanya adalah petinggi suatu parpol.

"Beliau merupakan ketum parpol, maka kalaupun ada pembicaraan politik yang sempat disinggung dalam pertemuan itu, ya, itu biasa selingan dari agenda utama," ucapnya.

Simak soal foto Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro hingga 8 Maret 2021':

[Gambas:Video 20detik]