Generasi Muda Demokrat: Jika Tak KLB, PD dalam Cengkeraman Keluarga Cikeas

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 15:11 WIB
Jakarta -

Generasi Muda Demokrat (GMD) mendukung agar kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) segera dilaksanakan. Jika KLB tidak segera dilaksanakan, Partai Demokrat tidak lepas dari cengkeraman keluarga Cikeas.

"Kalau tidak melalui KLB, PD akan terus dalam cengkeraman keluarga Cikeas," ujar Ketua Umum Generasi Muda Demokrat Lucky P Sastrawiria dalam konferensi pers di Restoran Dapur Sunda, Jakarta Selatan, Rabu (3/3/2021).

Menurut Lucky, jika KLB tidak segera dilaksanakan, Partai Demokrat tidak lagi berjalan sebagai partai politik yang berbasis demokrasi. Lucky menilai justru di Partai Demokrat hanya akan ada politik dinasti.

"Bukan politik demokrasi yang akan terus dipertontonkan secara vulgar ke seluruh rakyat Indonesia bahwa Partai Demokrat adalah semacam perusahaan milik keluarga Cikeas yang mempertontonkan politik dinasti," tegas Lucky.

"Karena sehebat dan sebesar apapun jasanya dalam partai tetap akan disingkirkan kalau tidak mendukung keinginannya," lanjutnya.

Oleh karena itu, Lucky mewakili Generasi Muda Demokrat dengan tegas mendukung segera dilaksanakan KLB. Dia juga menginstruksikan seluruh anggota GMD Indonesia mendukung penyelenggaraan KLB sesegera mungkin.

"KLB ini akan dilaksanakan secara demokratis karena kita ini adalah partai modern dan terbuka. Siapa pun berhak untuk maju, baik itu dari internal partai maupun dari eksternal," jelas Lucky.

Kemudian, menurutnya, KLB merupakan solusi untuk mengembalikan Partai Demokrat ke kebijaksanaan yang sebenarnya, yaitu partai modern dan terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Artinya semua anak bangsa berhak menjadi anggota Partai Demokrat dan semua anggota Partai Demokrat berhak menjadi ketua umum Partai Demokrat," ungkapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Rumor mengenai Moeldoko akan dicalonkan sebagai ketua umum Partai Demokrat juga menjadi perbincangan hangat kali ini. Moeldoko sendiri berasal dari lingkup eksternal Partai Demokrat yang akan maju dalam kontestasi tersebut.

"Kami sebagai pengguna hak suara silakan saja untuk maju mengikuti pesta demokrasi yang tidak seperti ini," jelas Lucky.

Salah satu pendiri Partai Demokrat, Hencky Luntunngan, menyebut persiapan KLB sudah mencapai 80%, dari peserta hingga penyelenggaraan acara. Hencky mengatakan KLB dipastikan akan digelar pada Maret ini.

"Waktu dan tempat sudah jelas, persoalannya belum bisa di ekspose karena untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, intimidasi, dan anarkis, tapi sudah ya, kalau tempat 80 persen, peserta 80 persen, tinggal rencana keberangkatan aja," kata Hencky kepada wartawan, Selasa (2/3).

"Waktunya mungkin minggu pertama atau kedua ini," lanjutnya.

Untuk lokasi pastinya, Hencky belum mau menyampaikan. Menurutnya, tempat penyelenggaraan KLB itu di luar Pulau Jawa.

"Di luar Jawa, tapi tidak boleh disampaikan di mananya. Nanti H-3 saya sampaikan, dipastikan bulan ini," ucapnya.

(rfs/rfs)