Komisi VIII Minta Pemerintah Prioritaskan Vaksinasi Calon Jemaah Haji

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 10:17 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily Minta Anak-Ibu-Lansia Korban Gempa Sulbar Diprioritaskan
Ace Hasan Syadzily (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi menerapkan kewajiban vaksinasi COVID-19 untuk para calon jemaah haji tahun ini. Menyusul kebijakan Pemerintah Arab Saudi itu, Komisi VIII DPR RI meminta Pemerintah Indonesia memprioritaskan vaksinasi bagi para calon jemaah haji.

"Bagi Pemerintah Indonesia, kebijakan ini harus diikuti dengan memprioritaskan bagi calon jemaah haji Indonesia yang akan berangkat tahun ini untuk segera dilakukan vaksinasi COVID-19," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Syadzily Hasan kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

"Kami, Komisi VIII DPR RI, sebetulnya telah meminta kepada Kementerian Kesehatan RI agar untuk calon jemaah haji tahun 2021 ini agar mendapatkan prioritas untuk dilakukan vaksinasi COVID-19," sambungnya.

Ace mengatakan Komisi VIII DPR akan membahas vaksinasi bagi para calon jemaah haji bersama kementerian dan lembaga terkait. Ia berharap calon jemaah haji mendapat prioritas vaksin COVID-19.

"Dalam masa persidangan ini, kami akan agendakan untuk segera membahas penyelenggaraan haji tahun 2021 dengan terlebih dahulu memprioritaskan vaksinasi bagi calon jemaah haji," ungkapnya.

Selain itu, Ace mengapresiasi keputusan yang Pemerintah Arab Saudi yang mewajibkan para calon peserta jemaah haji divaksinasi Corona. Menurutnya, hal itu merupakan keputusan tepat guna mengantisipasi penularan COVID-19.

"Saya kira keputusan Pemerintah Arab Saudi mewajibkan para calon jemaah haji untuk vaksin COVID-19 merupakan kebijakan yang tepat. Kebijakan tersebut merupakan langkah antisipatif agar penularan COVID-19 dalam penyelenggaraan haji betul-betul dapat dilakukan," ujarnya.

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi jemaah haji di tahun 2021. Surat kabar Okaz menyebut hanya individu yang sudah divaksinasi saja yang dibolehkan untuk melaksanakan haji.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga '1.000 Prajurit TNI Bali Jalani Vaksinasi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2