Pimpinan Komisi VIII DPR Sepakat Cuti 2021 Dipangkas, tapi untuk ASN Saja

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 19:57 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang
Marwan Dasopang (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah resmi memangkas cuti bersama 2021 menjadi hanya 2 hari dari 7 hari. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang setuju cuti bersama 2021 dikurangi, tapi hanya untuk aparatur sipil negara (ASN).

"Ya sepakat, tapi ada catatan lain gitu ya," kata Marwan kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Marwan memahami alasan pemerintah mengurangi jatah cuti bersama. Namun, menurutnya, masyarakat memiliki hak untuk libur cuti bersama, sehingga harus ada kompensasi libur lebih lanjut.

"Kalau pertimbangannya kan selama ini mengurangi libur bersama itu karena ketidakmampuan mempertahankan prokes, masyarakat kita tidak disiplin sehingga di akhir libur akan memuncak yang terpapar itu. Tetapi kan ini dalam hak-hak libur itu kan ada dalam masyarakat. Jadi kompensasinya harus diberi seperti apa," ujarnya.

"Sejauh ini memang. Yang pasti bila habis libur panjang, libur bersama biasanya naik ada peningkatan (COVID-19). Tapi serampangan saja membuat keputusan mengurangi itu juga tidak cerdas kalau tidak memberikan hak-hak masyarakat yang lain," imbuhnya.

Lebih lanjut, Marwan menilai pengurangan cuti bersama 2021 hanya untuk ASN. Menurutnya, pemerintah tidak punya hak yang cukup untuk mengurangi cuti masyarakat yang bukan ASN.

"Kalau tujuannya mengurangi kerumunan, yang dikurangi itu kan ASN yang bisa kita dibuat peraturannya. Peraturan itu kan tidak bisa dibuat masuk menghalangi masyarakat biasa," sebut Marwan.

Pada dasarnya Marwan tidak mempersoalkan pengurangan cuti bersama 2021. Namun dia masih meragukan efektivitas pengurangan libur dan cuti bersama jika dimaksudkan untuk mengurangi kerumunan.

"Tidak ada masalah. Cuma saya masih meragukan dengan pembatasan libur itu atau mengurangi libur bersama itu menjadi efektif kalau yang dimaksudkan tujuannya mengurangi kerumunan," katanya.

Keputusan perihal pemangkasan cuti bersama 2021 ada di halaman berikutnya.

Simak video 'Ini Cuti Bersama 2021 yang Dipangkas Pemerintah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2