Polri Ungkap Terduga Teroris di Jatim Sudah Susun Rute Pelarian Usai Aksi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 16:08 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi (Dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta - Polri mengungkap 12 terduga teroris yang ditangkap di beberapa tempat di Jawa Timur (Jatim) sudah menyusun rute pelarian. Menurut polisi, rute pelarian itu disiapkan untuk kabur setelah mereka melakukan aksi teror.

"Mereka telah mempersiapkan rute-rute pelarian pasca-melaksanakan aksi terorisme," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (2/3/2021).

Dia tak menjelaskan detail rute yang dimaksud. Rusdi hanya mengatakan para terduga teroris itu ditangkap sebelum mereka beraksi.

"Itu baru rencana, sebelum beraksi, Densus telah melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan sehingga aksi itu tidak terjadi. Tapi yang jelas rencana mereka sudah siap untuk itu," jelasnya.

"(Di mana rutenya) Itu nanti, yang penting mereka sudah mempersiapkan semua. Jadi sudah matang bagaimana merencanakan aksinya. Setelah beraksi mereka lari ke mana-mana, mereka sudah mempersiapkan itu," imbuhnya.

Selain itu, dia menjelaskan soal satu orang terduga teroris yang ditangkap di Surabaya. Menurutnya, seorang terduga teroris tersebut ditangkap berdasarkan pengembangan dari penangkapan 12 terduga teroris sebelumnya.

"Yang jelas Densus terus bekerja bagaimana mengantisipasi daripada aksi terorisme di Tanah Air. Kalau didapatkan lagi satu tersangka, sekarang sudah diamankan itu merupakan bagian pengembangan dari tersangka 12 kemarin," tuturnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 12 orang terduga teroris di beberapa tempat di Jatim pada Jumat (26/2). Mereka yang ditangkap itu diduga terafiliasi dengan jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

"(Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap) Jamaah Islamiyah (JI)," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (27/2).

Adapun ke-12 terduga teroris itu adalah UBS alias F, TS, AS, AIH alias AP, BR, RBM, Y, F, ME, AYR, RAS, dan MI. Mereka diketahui memiliki peran yang berbeda.

Lihat juga Video: Densus Sita Pistol Rakitan-Samurai dari 12 Terduga Teroris di Jatim

[Gambas:Video 20detik] (haf/haf)