Setahun Corona, Pasien 01 Masih Dihujat dan Disalahkan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 14:29 WIB
Pasien kasus 01 virus Corona Sita Tyasutami
Sita Tyasutami (Dok. Istimewa/yang memberikan foto ini tak ingin disebutkan namanya)
Jakarta -

Sudah setahun virus Corona mewabah di Indonesia. Pasien kasus 01 virus Corona, Sita Tyasutami mengaku bahwa ia masih kerap mendapat hujatan. Bahkan, hujatan itu lagi-lagi ia terima tepat setahun Corona.

"Sampai sekarang pun aku pun masih mendapat hujatan. Sampai sekarang ini. Apalagi satu tahun Corona ini. Jadi orang-orang masih mencari lagi siapa lagi yang bisa disalahkan," kata Sita kepada detikcom, Selasa (2/3/2021).

Sebagaimana diketahui, Sita dan ibunya diumumkan sebagai pasien pertama Corona oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020 di Istana Negara. Mereka kemudian dirawat selama dua minggu lebih di RSPI Sulianti Saroso.

Selama masa perawatan itu, Sita mengaku sempat drop karena stres menjadi bahan pergunjingan warganet di media sosial. Foto dan identitasnya disebar dan dibumbui kata-kata makian.

Sita mengingatkan bahwa budaya masyarakat Indonesia adalah gotong royong. Menurutnya, pandemi Corona semestinya membuat orang kembali kepada budaya tersebut.

"Indonesia kan budayanya gotong royong. Mestinya dengan adanya pandemi ini kita kembali ke gotong royong. Sama-sama saling support. Bukan saling hujat," ucapnya.

Meskipun sudah setahun berlalu, Sita masih bisa mengingat momen ketika dirinya dinyatakan positif Corona. Dia menyebut itu sebagai masa yang berat sekali untuknya.

"Pas banget ini setahun. Aku inget betul perasaan saat itu. kaget, syok, sedih dengan segala pemberitaan yang miring," tuturnya.

"Masa itu menjadi masa yang berat banget bagi saya dan sekeluarga," imbuhnya.

Tonton video 'Menristek Cerita Perjuangan RI Keluar dari Ketergantungan Impor Alkes':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2