Kafe Brotherhood Ditutup Sementara, DKI Tunggu Polisi Soal Cabut Izin Usaha

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 15:47 WIB
Disegel aparat, kafe Brotherhood Jaksel dipasang garis polisi
Foto: Azhar Ramadhan/detikcom
Jakarta -

Kafe Brotherhood di kawasan Senopati, Jaksel, ditutup sementara karena melakukan pelanggaran protokol kesehatan di masa PPKM Mikro dan pengunjung membawa narkoba. Dinas pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta masih menunggu rekomendasi Polda Metro Jaya terkait pencabutan izin usaha.

"Kami menunggu rekomendasi dari Polda," ujar Kepala Seksi Pengawasan Dinas Parekraf DKI Jakarta, Iffan, saat dihubungi, Senin (1/3/2021).

Iffan menjelaskan, rekomendasi dari polisi itu berdasarkan dengan Pergub Nomor 18 Tahun 2018. Merujuk pada pasal 54 pergub tersebut, setiap pengusaha atau manajemen yang melakukan pembiaran adanya peredaran, penjualan, dan pemakaian narkoba di tempat usahanya, maka akan langsung dilakukan pencabutan tanda daftar usaha pariwisata (TDUP). Berikut ini isinya:

Pasal 54

Setiap pengusaha dan/atau manajemen perusahaan pariwisata yang terbukti tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 ayat (2) huruf t berdasarkan hasil temuan di lapangan, informasi yang bersumber dan i media massa dan/ atau pengaduan masyarakat dengan melakukan pembiaran terjadinya peredaran, penjualan dan pemakaian narkotika dan/atau zat psikotropika lainnya di lokasi tempat usaha pariwisata dalam 1 (satu) manajemen dilakukan pencabutan TDUP secara langsung tanpa melalui tahapan sanksi teguran tertulis pertama, teguran tertulis kedua, teguran tertulis ketiga dan penghentian sementara kegiatan usaha.

Sebelum dicabut izinnya, suatu tempat akan ditutup terlebih dahulu untuk dilakukan penyelidikan polisi. Hal tersebut tercantum pada Pasal 57 ayat 1:

Untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan/atau Kepolisian, maka terhadap usaha pariwisata yang dihentikan kegiatannya dilakukan penutupan.

Sebelumnya, selebgram Millen Cyrus (MC) diketahui ikut terjaring razia protokol kesehatan yang dilakukan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya di sebuah kafe di Jakarta Selatan. Hasil tes urine Millen Cyrus diketahui positif benzo.

"Dari tempat ini ada kita periksa selebgram satu orang inisial MC bersama temannya, positif benzo," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa di Brotherhood Kafe, Jakarta Selatan, Minggu (28/2) dini hari.

Selain Millen Cyrus, dua temannya diketahui turut positif benzo. Ketiganya kini dibawa ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2