Edarkan Sabu, Pasutri di Pasangkayu Sulbar Diamankan Polisi

Abdy Febriady - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 15:21 WIB
Sabu yang diedarkan pasutri di Pasngkayu, Sulawesi Barat
Sabu yang diedarkan pasutri di Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pasangan suami istri (pasutri) berinisial HA (28) dan EN (30) asal Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, diamankan Polda Sulbar. Keduanya ditangkap karena diduga mengedarkan narkotika jenis sabu.

Keterlibatan pasutri ini terungkap setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat, jika keduanya kerap menuju kota Palu, Sulawesi Tengah, untuk menjemput barang terlarang jenis sabu itu. Kemudian mereka mengedarkannya di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

"Berbekal informasi tersebut, petugas kemudian melakukan penyelidikan, dan mengamankan pasutri ini di rumahnya yang berlokasi di Dusun Kasalai," kata Dirnarkoba Polda Sulbar, Kombes Alpen, dalam keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Alpen mengatakan keduanya kerap bergantian dalam menjual sabu itu ke orang lain. Mereka membawa sabu dengan modus memasukkan sabu itu ke bola lampu.

"Terkadang, lelaki HA yang menjual sabu kemudian hasil penjualan diserahkan pada istrinya, perempuan EN. Kadang pula perempuan EN yang sendiri melakukan penjualan saat suaminya tidak ada. Modus yang digunakan adalah menyembunyikan sabu ke dalam lampu kemudian ditaruh dalam tas," ujar Alpen.

Selain mengamankan kedua pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti, di antaranya 3 sachet plastik bening berisi kristal yang diduga sabu, 2 unit handphone, uang tunai senilai 300 ribu rupiah, dan 1 unit sepeda motor yang digunakan pelaku untuk mengambil sabu.

"Atas perbuatannya, pelaku dijerat menggunakan Pasal 112 ayat (1) dan Pasal 114 ayat (1) UU Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana lebih dari 5 tahun penjara," tutur Alpen.

Simak juga video 'Antar Sabu Dikemas Bungkus Deterjen, Kakak-Adik di Makassar Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)