detikcom Do Your Magic

Macet Jl Kemukus Akibat LEZ Kota Tua Masih Jadi Masalah

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 11:31 WIB
Macet LEZ Kota Tua, Jakarta, 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Macet LEZ Kota Tua, Jakarta, 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Jl Kemukus biasa dibuka-tutup untuk menghindari kemacetan di Jl Kunir pada penerapan program kawasan rendah emisi atau Low Emission Zone (LEZ) di kawasan Kota Tua, Jakarta. Masalah yang masih ada: Jl Kemukus macet bila penutupan jalan LEZ Kota Tua diterapkan.

Pantauan detikcom di lokasi pada hari Senin (1/3/2021) pukul 10.35 WIB, jalan tersebut belum dibuka oleh petugas. Menurut salah satu warga jalan tersebut tidak dibuka sejak pagi tadi.

Kemacetan terjadi di Jl Kunir, kemacetan memanjang sekitar 100 meter dan terus bertambah. Kemacetan tersebut lebih pendek dibanding macet-mecet sebelumnya ketika Jl Kemukus ditutup.

Macet LEZ Kota Tua, Jakarta, 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Macet LEZ Kota Tua, Jakarta, 1 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Jalan dibuka, macet terurai

Jalan tersebut masih dibuka-tutup oleh petugas. Pukul 10.40 WIB, beberapa petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bergerak untuk membuka penutup jalan. Kemacetan seketika itu juga terurai.

Setelah kemacetan terurai, 15 menit kemudian jalan ditutup kembali. Berbeda dengan sebelumnya, jalan biasanya hanya ditutup sekitar 10 menit hingga 15 menit.

Penutupan jalan di kawasan LEZ diketahui menimbulkan kemacetan di beberapa titik, seperti di Jl Kunir dan Jl Pintu Besar Selatan menuju Jl Asemka. Namun kemacetan di Jl Pintu Besar Selatan sudah jarang terjadi atau hanya terjadi diwaktu-waktu tertentu.

Selanjutnya, kondisi di sekitar Pasar Asemka saat Kota Tua ditutup:

Saksikan juga 'Penampakan Macetnya Kawasan Kota Tua Imbas Zona Rendah Emisi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2