detik's Advocate

Sudah DP Tapi Proyek Rumah Mangkrak, Bisakah Saya Tuntut Developer?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 07:17 WIB
Back portrait of Asian young couple standing and hugging together looking happy in front of their new house to start new life. Family, age, home, real estate and people concept.
Ilustrasi rumah (Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb)
Jakarta -

Niat membeli rumah idaman bisa jadi petaka apabila pengembang tidak melaksanakan proyek sesuai jadwal. Apalagi bila pembeli sudah menyetor down payment (DP) tapi proyek rumah malah mangkrak. Apa yang bisa konsumen lakukan?

Hal itu ditanyakan salah satu pembaca detikcom dan dilayangkan ke rubrik detik's Advocate. Berikut pertanyaan lengkapnya:

Dear detik's Advocate,

Saya sudah melakukan down payment (DP) sebesar Rp 50 juta untuk rumah tipe 36/60 di daerah Depok. Sebelum saya melakukan pembayaran DP, saya sudah survei terlebih dahulu untuk status kepemilikan tanahnya.

Dan hasil surveinya masih dalam proses pembelian oleh pemilik developer-nya. Saat itu rumah belum dibangun dan tanah masih kosong dengan status inden.

Seiring berjalan waktu, ternyata setelah saya dapatkan informasi bahwa kepemilikan status tanah bukan milik pemilik developer dan transaksi pembelian tanah dibatalkan dari kedua belah pihak. Jadi tanah masih milik warga setempat.

Saya sudah menuntut uang DP kembali ke perusahaan properti tersebut. Namun, tanggapan dari pihak mereka sangat tidak memuaskan. Dijanjikan kembali uang DP di bulan Desember 2021.

Lalu saya tanya-tanya ke pengalaman konsumen lainnya. Sudah banyak konsumen yang mengajukan refund tapi sudah berbulan-bulan bahkan sudah lebih dari 1 tahun dari pemilik developer tersebut tidak mau mengembalikan uang DP konsumen dan sudah melewati batas waktu kesepakatan antara konsumen dengan perusahaan tersbut untuk melunasi pengembalian uang DP.

Dan beberapa konsumen lainnya sudah melakukan laporan ke Polres setempat, namun proses hukum jalan di tempat.

Mohon izin tanya, apa yang saya (mewakili para konsumen) lakukan untuk menuntut pemilik developer mengembalikan uang DP ke semua para konsumen yang sudah tertipu atau sudah kecewa dengan perusahaan properti tersebut?

Terima Kasih
Salam
Ilan

Untuk menjawab pertanyaan di atas, detik's Advocate menghubungi advokat Khresna Guntarto, SH. Jawabannya bisa dilihat di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Tantangan Dalam Berekspansi Investasi Properti':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2