Jadi Wabup Tasikmalaya 42 Hari, Deni Sagara Belajar Dekat dengan Warga

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 10:22 WIB
Wabup Tasikmalaya Deni Sagara saat bertemu warga (Foto: dok pribadi Deni Sagara)
Wabup Tasikmalaya Deni Sagara saat bertemu warga. (Foto: dok Istimewa)
Jakarta -

Deni Ramdani Sagara menjadi Wakil Bupati Tasikmalaya tersingkat. Deni hanya menjabat selama 42 hari.

Deni dilantik pada 10 Februari 2021. Padahal, politikus PAN itu terpilih sebagai Wakil Bupati Tasikmalaya sejak Februari 2020.

Deni kala itu terpilih menjadi wakil bupati definitif lewat voting anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Dia mengantongi 36 dari 49 suara yang ada. Deni berhasil mengalahkan pesaingnya, Heri Ahmadi, yang hanya mendapat 10 suara dewan.

Setahun berselang, akhirnya Deni dilantik menjadi Wakil Bupati Tasikmalaya. Dia mengisi kekosongan kursi wakil bupati masa jabatan 2016-2021 yang ditinggalkan Ade Sugianto pada 2018.

Untuk diketahui, Ade Sugianto dilantik menjadi Bupati Tasikmalaya menggantikan Uu Ruzhanul Ulum, yang menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil.

Karena itu, masa jabatan Deni pun tak panjang. Tugas yang diembannya akan berakhir pada 23 Maret 2021 dan Tasikmalaya pun akan berganti kepemimpinan.

Memimpin di waktu yang cukup singkat, tak banyak yang bisa dilakukan Deni. Namun, di masa 42 hari menjadi Wakil Bupati Tasikmalaya, Deni berusaha dekat dengan warganya.

"Yang pertama, bersyukur atas waktu yang diberikan. Hakikatnya kan dari Allah Yang Mahakuasa kekuasaan ini dan sebagai wakil bupati kan sebagai pemimpin di Kabupaten Tasik. Saya menganggapnya pemimpin itu tidak akan pernah ada kalau tidak ada pernah masyarakat atau rakyat yang dipimpinnya. Maka berangkat dari situ, ketika sudah menjadi pemimpin maka dipastikan semua pemimpin termasuk saya belajar, ya belajar untuk menjadi pemimpin itu dari masyarakat, maka saya harus kembali lagi ke masyarakat dengan menemui lagi masyarakat," tutur Deni saat dihubungi detikcom, Minggu (28/2/2021).

Wabup Tasikmalaya Deni Sagara saat bertemu warga (Foto: dok pribadi Deni Sagara)Wabup Tasikmalaya Deni Sagara saat berkhotbah di masjid. (Foto: dok Istimewa)

Deni mengaku sudah bersilaturahmi ke 40 masjid dan 40 pesantren. Dia pun menyapa masyarakat miskin dengan cara menginap di rumah warga.

"Dengan jumlah waktu yang ada kisaran hanya 40 hari, maka saya berjalan, sudah berjalan ini untuk bersilaturahim di 40 masjid atau 40 pesantren yang berbeda, dimulai dari waktu Subuh berjemaah. Keliling ketemu masyarakat, menyapa masyarakat, apa yang terjadi. Kemudian nginap di rumah warga yang miskin," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Bansos 14 Lembaga Pendidikan di Tasikmalaya 'Disunat' Hingga Rp 2 M':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2