Ibas Dinilai Tak Nyaman soal Isu Adu Domba dengan AHY

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 08:54 WIB
SBY bersama AHY dan Ibas menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto
AHY dan Ibas dalam satu momen. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas angkat bicara soal janji setia dengan kepemimpinan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ibas menyatakan kompak dengan AHY serta menepis isu adu domba.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menilai Ibas tak nyaman dengan isu adu domba yang mencuat di publik. Hubungan kekeluargaan Ibas yang terjalin dengan AHY, menurut Adi, bisa retak karena isu adu domba.

"Tentu Ibas tak nyaman dengan isu yang mengadu domba dirinya dengan AHY. Sangat bahaya hubungan keluarga bisa hancur karena adu domba pihak tak bertanggung jawab. Sudah tepat Ibas bereaksi cepat memberikan klarifikasi bahwa ia patuh tegak lurus ke partai," kata Adi kepada wartawan, Sabtu (27/2/2021).

Munculnya isu adu domba Ibas dengan AHY, menurut Adi, disebabkan Partai Demokrat yang tak berkuasa saat ini. Hal ini, kata Adi, membuat Partai Demokrat berpotensi diterpa isu miring.

"Kedua, adanya upaya adu domba Ibas dan AHY oleh pihak tertentu ini karena Demokrat bukan partai penguasa atau partai yang saat ini bagian koalisi pemerintah. Kalau Demokrat partai penguasa, bisa dipastikan tak bakal ada berani mengganggu," ujarnya.

Adi pun menilai duet kepemimpinan AHY dan Ibas solid di dalam tubuh Partai Demokrat. Selain itu, Partai Demokrat justru dinilai diuntungkan oleh isu miring yang menerpa mereka.

"Pasti solid. Ibas dan AHY sudah sama-sama dewasa berpolitik. Justru AHY, Ibas, dan Demokrat diuntungkan dengan isu kudeta ini karena mereka populer dikenal luas publik," imbuhnya.

Ibas sebelumnya buka suara terkait isu dualisme kepemimpinan di lingkup internal Partai Demokrat. Ibas meminta tidak ada pihak yang mengadu domba dirinya dengan AHY.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Tokoh Senior-Organisasi Sayap Dorong KLB, PD: Abal-abal':

[Gambas:Video 20detik]