Round-Up

Janji Setia Ibas ke AHY di Tengah Dorongan KLB

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 07:22 WIB
SBY bersama AHY dan Ibas menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto
AHY dan Ibas (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono mengucap janji setia di tengah dorongan Kongres Luar Biasa (KLB) PD. Ibas juga meminta agar pihak lain tidak mengadu domba dirinya dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Penyataan itu disampaikan Ibas melalui akun Twitter pribadinya seperti dilihat detikcom, Sabtu (27/2/2021). Ibas memastikan dirinya solid mendukung AHY sebagai ketum dan kompak untuk menghadapi gerakan pengambilalihan PD.

"Jajaran pengurus Partai Demokrat, pusat & daerah, tmsk saya, kompak & bersatu utk hadapi Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan PD yg sah. Kami juga Setia & Mendukung penuh Ketua Umum AHY," tulis Ibas melalui akun @Edhie_Baskoro.

Ibas meminta agar pihak lain tidak mengadu domba dengan AHY. Namun demikian, dia berterima kasih mengenai 'good words' yang disampaikan pihak lain.

"Jangan diadu-adu antara saya dgn Mas AHY yg juga kakak saya sendiri. Ucapan Terima Kasih atas "GOOD WORDS out there" tapi, Mohon Maaf, tolong jangan adu domba saya ya"," ucap Ibas.

Ibas kemudian mengungkit pernyataan lama yang pernah dia ucapkan. Dia menyebut adu domba hanya dilakukan di lapangan domba.

"Dulu saya pernah bilang kalau adu domba hanya ada di lapangan domba" Jadi, Jangan di-"spin" isyu & diadu-adu antara saya dengan Mas AHY. InsyaAllah PD Solid, Setia & Waspada semua," tutur Ibas.


Para Pendiri PD Siapkan KLB

Salah satu pendiri Partai Demokrat Hencky Luntungan KLB PD untuk pengambilalihan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Hencky menilai AHY tidak mampu memimpin Partai Demokrat.

"Pertama, sebagai pendiri, kami melihat kekisruhan yang terjadi oleh karena tidak mempunyai seorang pemimpin partai. Garis bawahi, ketidakmampuan pemimpin partai dalam hal ini Saudara AHY. Garis bawahi, nggak usah takut-takut," kata Hencky Luntungan dalam konferensi pers di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/2/2021).

"Oleh karena ketidakmampuan itu, kami pendiri bersepakat untuk mencari solusi. Apa solusi itu? Tidak ada. Yang ada KLB dan kongres luar biasa yang harus dilakukan dalam rangka penyelamatan partai dan sikap kita untuk mengurai persoalan ini melakukan KLB tanpa ada rasa dendam, tanpa ada rasa kebencian, tanpa ada rasa menyudutkan," sambungnya.

Tonton video 'Tokoh Senior-Organisasi Sayap Dorong KLB, PD: Abal-abal':

[Gambas:Video 20detik]