Perwakilan Polda Metro Dampingi Pemakaman Fery Korban Penembakan Bripka CS

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 17:00 WIB
Fery Saut Simanjuntak korban penembakan oleh Bripka CS di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) telah dimakamkan di TPU Kristen Tanjung Mulia, Medan (Datuk Haris/detikcom)
Fery Saut Simanjuntak, korban penembakan oleh Bripka CS di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), telah dimakamkan di TPU Kristen Tanjung Mulia, Medan. (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Fery Saut Simanjuntak, korban penembakan oleh Bripka CS di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), telah dimakamkan di TPU Kristen Tanjung Mulia, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pemakaman tersebut pun tampak berjalan khidmat.

Pantauan detikcom, Jumat (26/2/2021), jenazah Fery Saut dibawa ke tempat pemakaman menggunakan mobil ambulans RS Bhayangkara Medan dengan dikawal oleh mobil Polantas Polrestabes Medan.

Tampak juga perwakilan dari Polda Metro Jaya mendampingi jenazah Fery hingga ke pemakaman. Mereka awalnya datang berbarengan dengan jenazah dan istri korban.

Kemudian, mereka menyerahkan jenazah Fery didampingi perwakilan Polda Sumut kepada pihak keluarga Fery Saut.

"Atas nama Kapolda Metro Jaya, mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya terhadap keluarga. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan agar bapak yang kita cintai bisa diterima di sisi tuhan dalam keadaan tenang. Terima kasih keluarga telah menyambut dengan baik, mohon maaf atas kesilapan, kekurangan kami terhadap keluarga besar," ucap salah satu perwakilan Polda Metro Jaya saat menyerahkan jenazah Fery ke keluarganya.

Fery Saut Simanjuntak korban penembakan oleh Bripka CS di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) telah dimakamkan di TPU Kristen Tanjung Mulia, Medan (Datuk Haris/detikcom)Fery Saut Simanjuntak, korban penembakan oleh Bripka CS di Cengkareng. (Datuk Haris/detikcom)

Selain polisi, terlihat istri Fery hadir mendampingi suaminya ke tempat peristirahatan terakhir. Dia tampak mengenakan jaket sambil mendekap foto suaminya. Tampak raut sedih di muka istri Fery.

Dia juga sempat melempar tanah ke liang kubur sambil mengucapkan pesan terakhir kepada suaminya.

Dia mengaku syok atas kejadian yang menimpa suaminya. Dia tidak banyak berbicara. Dia hanya menyebut rencana bakal balik ke Jakarta sore hari ini.

"Rencananya iya, hari ini langsung pulang (ke Jakarta)," ujarnya kepada wartawan di lokasi pemakaman.

Sebelumnya, jenazah Fery Saut Simanjuntak tiba di rumah duka di Medan, Sumut, pukul 10.30 WIB. Pihak keluarga histeris begitu jenazah Fery tiba di rumah duka. Mereka menangis menyambut jenazah Fery Saut. Kemudian, petugas yang mewakili dari Polda Metro Jaya dan perwakilan Polda Sumut menyerahkan jenazah ke pihak keluarga.

Insiden penembakan di RM Cafe Cengkareng menimbulkan empat korban, tiga di antaranya tewas. Salah satu korban tewas ialah Fery Saut Simanjuntak. Penembakan itu terjadi pada Kamis (25/2) subuh, sekitar pukul 04.00 WIB.

Sementara pelakunya adalah oknum anggota Polsek Kalideres, Bripka CS. Oknum polisi pelaku penembakan ini pun jadi tersangka.

Fery Saut Simanjuntak korban penembakan oleh Bripka CS di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) telah dimakamkan di TPU Kristen Tanjung Mulia, Medan (Datuk Haris/detikcom)Istri Fery Saut Simanjuntak korban penembakan oleh Bripka CS di Cengkareng (Datuk Haris/detikcom)

"Kepada tersangka sudah diproses langsung pagi hari ini dan ditemukan dua alat bukti dan olah TKP, sehingga pagi ini juga sudah ditetapkan sebagai tersangka Pasal 338 KUHP," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan kemarin.

Penembakan terjadi bermula ketika pelaku menolak saat ditagih membayar minuman sebesar Rp 3,3 juta oleh pengelola kafe. Dalam kondisi mabuk, tersangka Bripka CS menembak empat orang. Tiga orang tewas di tempat, sedangkan satu orang dirawat di RS.

Irjen Fadil Imran meminta jajarannya membantu prosesi pemakaman para korban. Dia juga menyampaikan belasungkawa dan permintaan maaf atas kejadian penembakan yang dilakukan oleh oknum polisi Bripka CS.

"Terhadap para korban, tim Polda Metro Jaya kami perintahkan untuk segera mengambil langkah-langkah, membantu meringankan beban dalam proses pemakaman," kata Irjen Fadil Imran.

"Saya minta ini dilakukan secara maksimal agar proses pemakaman bisa berjalan lancar dan baik," sambung Fadil Imran.

Simak Video: 7 Fakta Terkait Aksi Penembakan Bripka CS di RM Cafe Cengkareng

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)