Selain PAN, PD Ogah Ikut Konvensi Capres NasDem 2022

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 14:34 WIB
Sekretaris Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani (Dok. Pribadi).
Sekretaris Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Partai NasDem mengajak partai politik ikut dalam konvensi calon presiden (capres) pada 2022. Partai Demokrat (PD) belum berpikir untuk ikut dalam konvensi tersebut.

"Sampai saat ini Partai Demokrat belum terpikir untuk melakukan konvensi capres," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/2/2021).

Kamhar mengatakan pihaknya saat ini tengah melaksanakan grand design yang telah dibuat di masa kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Termasuk konsolidasi partai, yang merupakan bagian dari persiapan Pemilu 2024.

"Sesuai grand strategy dan road map yang telah disusun Partai Demokrat di masa kepemimpinan Mas Ketum AHY untuk 5 tahun periode kepengurusan, saat ini tahapannya fokus pada konsolidasi internal partai," kata Kahmar.

"Ini bagian dari menghadapi Pemilu 2024, Pileg dan Pilpres. Kami lebih optimistis menatap 2024 karena kondisi internal Partai Demokrat saat ini lebih solid, partai secara konsisten bertransformasi menjadi smart party sehingga semakin cerdas dan gesit dalam merespons aspirasi dan kebutuhan objektif rakyat," lanjutnya.

Lebih lanjut, Kamhar mengatakan Demokrat memiliki mekanisme tersendiri terkait pencalonan presiden. Namun Partai Demokrat masih membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai lain.

"Partai Demokrat juga punya mekanisme sendiri dalam menjaring capres, ini menjadi domain Majelis Tinggi Partai. Tentu Partai Demokrat akan membuka diri untuk membangun koalisi dengan partai-partai lain dalam menghadapi Pilpres 2024. Ini kondisi objektif yang harus dilakukan untuk dapat memenuhi ambang batas pengajuan pasangan capres dan cawapres," ujarnya.

Selain Partai Demokrat, PAN ogah ikut konvensi capres NasDem. PAN akan menjalankan proses pengusungan capres melalui mekanismenya sendiri.

"PAN tidak akan ikut di konvensi partai NasDem. Alasannya, pertama, PAN sudah memiliki mekanisme partai dalam menjaring dan menetapkan calon presiden yang akan diusung di pemilu presiden," kata juru bicara PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/2/2021).

Simak berita selengkapnya terkait konvensi capres NasDem

Tonton juga Video: Partai NasDem Akan Gelar Konvensi, Jaring Capres-Cawapres 2024

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2