Polisi Gelar Rapid Test di 'Kuliner Tangguh' Menteng, 3 Orang Reaktif

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 18:06 WIB
Rapid Test di Kuliner Tangguh di Menteng, Jakpus untuk mencegah penyebaran COVID-19. Foto dari Kapolsek Menteng AKBP Iver Son Manossoh.
Rapid test di 'Kuliner Tangguh' di Menteng, Jakpus, untuk mencegah penyebaran COVID-19. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Sejumlah inovasi terus dilakukan dalam penanganan virus Corona. Salah satunya lewat kegiatan rapid test mobile yang dilakukan jajaran Polsek Menteng.

Kegiatan itu dilakukan di tempat 'Kuliner Tangguh' yang berlokasi di Kampung Lima RW 01 Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Puluhan orang di lokasi mengikuti rapid test mobile tersebut.

"Rapid test antibodi gratis kepada pengelola, pedagang, hingga pengunjung berjumlah 54 orang. Tiga di antaranya dinyatakan reaktif," kata Kapolsek Menteng AKBP Iver Manossoh dalam keterangannya, Kamis (25/2/2021).

Iver mengatakan tiga warga yang reaktif tersebut kini telah ditangani lebih lanjut oleh Puskesmas Menteng. Dia menyebut kegiatan rapid test mobile tersebut digunakan untuk melakukan deteksi dini terhadap penyebaran virus Corona di wilayah hukum Polsek Menteng.

"Kegiatan rapid test gratis dan aksi Jakarta Bermasker ini disambut positif oleh warga masyarakat, para pedagang dan pengunjung. Ini dalam rangka tes dini kesehatan (testing) warga sebagai bagian dari Program 3T Kampung Tangguh Jaya (KTJ)," terang Iver.

Rapid Test di 'Kuliner Tangguh' di Menteng, Jakpus untuk mencegah penyebaran COVID-19. Foto dari Kapolsek Menteng AKBP Iver Son Manossoh.Dari hasil rapid test terhadap beberapa pedagang, 3 di antaranya reaktif. (Foto: dok. Istimewa)

Selain melakukan rapid test mobile, Iver menyebut pihaknya pun telah memulai program Polisi RW. Dia menjelaskan nantinya dalam satu RW akan terdapat satu petugas polisi yang melakukan penjagaan selama masa pandemi virus Corona.

Selain dalam melakukan pengawasan kepada penegakan protokol kesehatan, program Polisi RW akan berfungsi sebagai salah satu tracer.

"Polisi RW juga akan segera dilatih pengetahuannya sebagai tracer dan juga harus mampu membangun kerja sama yg baik dengan 3 pilar serta melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dan selalu bersinergi dalam setiap kegiatan pencegahan COVID-19 termasuk dalam upaya pendisiplinan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan COVID-19," pungkas Iver.

Saksikan juga 'BIN Gelar Tes Antigen Massal, Bus Laboratorium Dikerahkan':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)