Warga Apresiasi Kampung Tangguh di Jakpus: Kasus COVID Turun Signifikan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 14:43 WIB
Ketua RW  Ketua RW 04 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Topan. Dokumentasi screenshot video yang diberikan Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom.
Ketua RW 04 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Topan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Keberadaan Kampung Tangguh Jaya di wilayah Jakarta Pusat dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Jakarta Pusat kini perlahan keluar dari zona merah dan menjadi zona kuning.

Ketua RW 04 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Topan. mengatakan saat ini kasus positif COVID-19 di wilayahnya terus berkurang dengan adanya Kampung Tangguh Jaya ini. Angka kasus COVID-19 terus menurun signifikan sejak beberapa bulan terakhir ini.

"Alhamdulillah keberadaan Kampung Tangguh Jaya ini sangat membantu di wilayah RW 04 Kelurahan Mangga Dua Selatan ini, yang tadinya di wilayah kami yang positif ada 40 jiwa, dengan adanya Kampung Tangguh Jaya ini ada penurunan yang signifikan. Sampai detik ini tinggal 4 jiwa yang isolasi mandiri," jelas Topan dalam keterangannya, Kamis (25/2/2021).

Terus menurunnya angka kasus COVID-19 ini membuat warga semakin semangat. Kampung Tangguh benar-benar dirasakan manfaatnya oleh warga.

"Insyaallah yang tadinya zona merah, sekarang zona kuning, insyaallah nanti next time jadi zona hijau," imbuh Topan.

Prokes Meningkat

Hal yang sama dirasakan oleh warga RW 03 Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar. Saat ini RW 03 Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, sudah berada di zona hijau.

"Alhamdulillah di RW 03 ini dengan adanya Kampung Tangguh Jaya ini grafiknya menurun drastis. Dari zona merah, sekarang sudah memasuki zona hijau," kata Ketua RW 03 Kelurahan Kartini, Harto Giri.

Kampung Tangguh Jaya menumbuhkan semangat masyarakat untuk sama-sama keluar dari zona merah. Meski saat ini sudah menjadi zona hijau, namun warga tak lantas bersantai-santai.

Kewaspadaan masyarakat terus ditingkatkan untuk mengantisipasi munculnya kembali kasus COVID-19 baru. Salah satunya dilakukan dengan meningkatkan protokol kesehatan.

"Kegiatannya pembagian masker, penyemprotan, kemudian bersama 3 pilar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas berikan bantuan," katanya.

Warga bergotong-royong mewujudkan ketahanan pangan di Kampung Tangguh Jaya ini. Salah satunya dengan membuat kebun tanaman hidroponik hingga budi daya lele yang hasilnya untuk masyarakat setempat.

"Intinya kami sangat terbantu dengan adanya Kampung Tangguh Jaya ini," ucapnya.

Seorang warga di RW 03 Kelurahan Kartini bernama Rusli juga merasakan dampak dari adanya Kampung Tangguh Jaya ini. Perekonomian warga terbantu dengan adanya Kampung Tangguh Jaya ini.

"Saya pribadi mengucapkan terima kasih ke pengurus RW 03 yang saat ini dirikan posko Kampung Tangguh Jaya di RW 03. Saya sangat rasakan adanya Kampung Tangguh Jaya di RW 03 ini, suatu kegiatan-kegiatan oleh pengurus KTJ 03 penyemprotan, pembagian masker, dan lain-lain, kita terbantu sekali," kata Rusli.

(mei/mei)