Novel Baswedan Harap Kapolri Ungkap Lebih Jauh Kasus Penyerangannya

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 16:38 WIB
Novel Baswedan
Novel Baswedan (Farih/detikcom)
Jakarta -

Penyidik senior KPK Novel Baswedan memiliki harapan khusus kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Novel berharap agar kasus penyiraman air keras kepada dirinya dapat diungkap lebih jauh.

"Saya berharap semoga di Kapolri baru ini, masalah serangan kepada diri saya itu bisa diungkap dengan lebih jauh," kata Novel dalam diskusi virtual, Kamis (25/2/2021).

Novel menilai selama ini penanganan perkara penyiraman air keras itu banyak sekali permasalahannya. Mulai dari upaya menghilangkan bukti hingga menutupi pelaku yang menjadi aktor intelektualnya.

"Dan ada upaya untuk menutupi pelaku yang sebenarnya, tentu ini bisa diusut. Begitu pula dengan salah satu petinggi yang menangani perkara tersebut, dalam hal ini adalah mantan Direktur Pidana Umum di Polda Metro waktu itu. Tentunya beliau waktu itu yang menangani, justru pada saat Direktur Pidana Umum saat itu, Pak Rudi, kalau nggak salah itu sedang menjabat," ucapnya.

Dia juga menyinggung terkait masalah penanganan dua oknum anggota Polri yang mengaku sebagai pelaku itu menyerahkan diri. Novel juga menilai pembelaan polisi terhadap pelaku juga sebagai terasa berlebihan.

"Pak Rudi ini sebagai Kepala Divisi Hukum itu justru memberikan pembelaan yang menurut saya berlebihan. Karena pembelaan yang dilakukan seperti orang yang sedang bekerja dengan benar dan kemudian mendapat permasalahan hukum," katanya.

"Tapi ini sebetulnya adalah orang yang sedang berbuat kejahatan dengan serius. Ini tentu harus dilihat karena conflict-conflict interest-nya sangat kuat," tambah Novel.

(fas/mae)