Round-Up

Heboh Temuan Ikan Berwajah Mirip Manusia di NTT

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 05:10 WIB
Jakarta -

Seperti hari lain, Abdullah Feroh dan Hasan Hanasin pergi melaut di malam hari. Hari itu, dua ekor hiu masuk ke dalam pukat yang mereka pakai untuk mencari ikan.

Penemuan hiu berwajah mirip manusia itu bermula saat mereka melaut pada Minggu (21/2) sekitar pukul 19.00 Wita. Tiga jam kemudian keduanya menarik pukat yang telah dilempar ke laut.

Ada sejumlah ikan dan dua ekor hiu yang tertangkap pukat tersebut. Satu hiu berukuran besar dan satu ekor lainnya berukuran sedang. Mereka kembali ke pantai.

Hasil laut itu mereka sortir. Ikan kecil dimasukkan ke kotak pendingin (cool box). Hiu besar disimpan di perahu.

Pada Senin (22/2), Feroh kembali mendatangi perahunya. Dia memutuskan memotong hiu yang tertangkap pukatnya semalam untuk dijual.

Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT (dok Pribadi)Tak seperti hiu pada umumnya, hiu ini memiliki mata yang berposisi sejajar dengan mulut (dok Pribadi)

"Keesokan harinya yang bersangkutan kembali ke pantai dengan maksud untuk mengambil ikan hiu yang disimpan di atas perahu untuk dipotong menjadi beberapa bagian, namun pada saat dipotong yang bersangkutan menemukan bayi ikan hiu yang berada dalam perut sebanyak 2 ekor," kata Kombes Krisna dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

Ferros terkejut melihat anak hiu yang wajahnya mirip manusia. Dia membuang anak hiu itu.

Tapi kemudian anak hiu itu kembali diambil dan disimpannya. Kabar tersebar dan membuat heboh warga Desa Pepela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

"Namun salah satu bayi ikan hiu tersebut memiliki bentuk yang berbeda sehingga yang bersangkutan langsung membuangnya karena takut melihat bentuk bayi ikan hiu tersebut. Karena merasa penasaran dengan bentuk ikan hiu tersebut rekannya yang bernama Hasan Hanasin langsung mengambil bayi ikan hiu tersebut untuk disimpan di rumahnya," kata dia.

Simak pengakuan nelayan tentang hiu berwajah mirip manusia yang tak sengaja ditangkapnya.