Nelayan NTT Sempat Buang Hiu Berwajah Mirip Manusia karena Takut

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 20:05 WIB
Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT (dok Polda NTT)
Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT. (dok Polda NTT)
Jakarta -

Nelayan di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), menemukan seekor anak hiu yang wajahnya mirip manusia. Nelayan bernama Abdullah Ferroh itu sempat ketakutan dan membuang hiu dengan muka tak wajar tersebut.

Kapolsek Rote Timur Ipda Daniel Bessie beserta anggota mendatangi lokasi dan mewawancarai Ferros dan rekannya terkait penemuan hiu berwajah mirip manusia itu.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Rishian Krisna Budhiaswanto menjelaskan awalnya Ferros bersama rekannya, Hasan Hanasin, mencari ikan menggunakan pukat di perairan Papela tepatnya di depan Pos AL Papela pada Minggu (21/2) sekitar pukul 19.00 Wita.

Sekitar pukul 22.00 Wita, Ferros dan Hasan mulai menarik pukat. Mereka mendapat beberapa jenis ikan, termasuk seekor hiu berukuran besar dan seekor hiu berukuran sedang. Keduanya lalu kembali ke pinggir pantai untuk menyimpan hasil ikan tangkapannya ke dalam cool box, sedangkan ikan hiu yang berukuran besar tetap disimpan di atas perahu.

"Keesokan harinya yang bersangkutan kembali ke pantai dengan maksud untuk mengambil ikan hiu yang disimpan di atas perahu untuk dipotong menjadi beberapa bagian, namun pada saat dipotong yang bersangkutan menemukan bayi ikan hiu yang berada dalam perut sebanyak 2 ekor," kata Kombes Krisna dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

Ferros sempat membuang anak hiu yang wajahnya mirip manusia. Tapi kemudian anak hiu itu kembali diambil dan disimpannya.

Viral ikan berwajah mirip manusia ditemukan di Rote Ndao, NTT (dok Polda NTT)Ikan berwajah mirip manusia disimpan di stoples yang diisi cairan alkohol. (dok Polda NTT)

"Namun salah satu bayi ikan hiu tersebut memiliki bentuk yang berbeda sehingga yang bersangkutan langsung membuangnya karena takut melihat bentuk bayi ikan hiu tersebut. Karena merasa penasaran dengan bentuk ikan hiu tersebut rekannya yang bernama Hasan Hanasin langsung mengambil bayi ikan hiu tersebut untuk disimpan di rumahnya," kata dia.

Ahli oseanografi dari Universitas Diponegoro (Undip), Prof Agus Hartoko, menduga hiu tersebut mengalami kerusakan genetik. Hal ini didasari kondisi hiu berwajah mirip manusia itu ditemukan dari dalam perut induknya.

"Kalau itu dari perut ikan bisa jadi kerusakan genetik. Bisa karena penyakit, parasit, pencemaran logam berat, atau kimiawi. Misal induknya makan apa yang beracun itu bisa kena ke bayinya," kata Prof Agus saat dihubungi, Rabu (24/2).

Ikan itu ditemukan nelayan dari perut hiu dewasa yang mati dan tersangkut di jaringnya. Di dalam perut induk hiu itu ditemukan dua anak hiu yang juga dalam kondisi mati. Seekor anak hiu memiliki bentuk muka seperti wajah manusia. Sementara satu anak hiu lainnya memiliki penampakan seperti ikan hiu pada umumnya.

Hiu yang bentuk mukanya mirip wajah manusia bikin heboh warga di Rote Ndao, NTT. Bentuk kepala ikan tersebut mengerucut pada bagian ujung kepalanya seperti kepala ikan hiu pada umumnya. Hanya, mata hiu yang terlihat bulat tersebut berada pada bagian bawah atau sejajar dengan mulutnya. Sebagaimana diketahui, pada umumnya mata hiu berada pada bagian samping kepala.

Simak video 'Jokowi Bakal Tambah 2 Bendungan Lagi untuk NTT':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)