Pemprov DKI Bakal Bangun Prasasti di Dekat Jalur Sepeda Permanen Sudirman

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 14:18 WIB
Jalur sepeda permanen di Jl Sudirman Jakarta
Jalur sepeda permanen Jl Sudirman, Jakarta. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah membangun jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Selain itu, Pemprov DKI berencana membangun sebuah prasasti di sekitar jalur sepeda di Jalan Sudirman.

"Jadi akan ada prasasti," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Syafrin mengatakan prasasti itu akan ditempatkan di sisi timur. Lokasinya dekat gedung Indomobil.

"Jadi akan ada prasasti itu di jalur sepeda tepatnya di sisi timur di dekat gedung Indomobil," katanya.

Meski demikian, Syafrin belum dapat menjelaskan secara rinci alasan tujuan pembangunan prasasti itu untuk apa. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin selesai pada Maret 2021.

Sebelumnya diberitakan, pembatas jalur sepeda permanen mulai dipasang di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Namun masih ada pemotor yang melewati jalur sepeda permanen ini.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (24/2), pukul 12.05 WIB, pemotor itu masuk secara zigzag lewat celah di jalur sepeda permanen. Padahal, mulanya, para pemotor itu berada di jalur kendaraan.

Para pemotor tersebut masuk ke jalur sepeda permanen saat arus lalu lintas sedang ramai lancar. Para pemotor terlihat menaikkan kecepatannya saat melintas di jalur sepeda permanen.

Tak jarang pula para pemotor tersebut berhenti sejenak di sekitar jalur sepeda permanen. Saat ini belum ada petugas yang menertibkan dan mengamankan di lokasi.

Meski pembatas sudah dipasang, belum ada rambu atau petunjuk yang menandakan itu merupakan jalur sepeda permanen. Pembatas juga belum dipasang di semua sisi Jalan Sudirman.

Lihat Video "Pemprov DKI: Jalur Sepeda Permanen Sudirman-Thamrin Tak Gunakan APBD":

[Gambas:Video 20detik]



(man/dkp)