BNN Musnahkan Ratusan Kg Narkotika Hasil Jaringan Nasional-Internasional

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 12:33 WIB
BNN Musnahkan Ratusan Kilo Narkotika Hasil Jaringan Nasional-Internasional
Foto: Kadek Melda Luxiana/detikcom
Jakarta -

Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan sejumlah barang bukti narkotika jenis sabu seberat 84,587 kilogram dan ganja seberat 115,854 kilogram. Barang bukti tersebut merupakan hasil pengungkapan tujuh kasus jaringan nasional hingga internasional.

Pemusnahan barang bukti narkotika ini dilakukan bersama Polri dan Kemensos di kantor BNN, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (24/2/2021). Hadir pula dalam pemusnahan ini Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Hari ini kita akan melaksanakan pemusnahan barang bukti dari tujuh kasus jaringan, baik nasional maupun internasional. Barang bukti terdiri atas 84,587 kg metamfetamin atau dikenal sabu dan ganja sebesar 115,854 kg," kata Kepala BNN Komjen Petrus Golose kepada wartawan.

Petrus menuturkan pengungkapan ini merupakan gabungan penindakan yang dilakukan pada 2020 hingga awal Januari 2021. Pemusnahan barang bukti narkotika kali ini merupakan pemusnahan kedua kalinya yang dilakukan pada 2021.

"Hasil ini adalah dari replanning dan eksekusi akhir dari 2020 dan awal Januari 2021. Pada 17 Februari yang lalu kita sudah pengungkapan bersama barang bukti sabu sebesar 466,19 kg, di mana juga kami sebelumnya juga kita lakukan pemusnahan, kemudian hasil tersebut salah satunya kolaborasi dengan Bakamla," tuturnya.

Lebih lanjut Petrus menyampaikan, dengan dilakukannya pemusnahan ini, jutaan jiwa manusia dapat terselamatkan dari penggunaan narkotika. Pemusnahan ini, kata Petrus, merupakan wujud komitmen BNN dalam pencegahan dan pemberantasan narkotika.

"Kalau kita lihat ini kaitan dengan kehidupan sosial, kita menyelamatkan sekitar 1.398.570 orang kalau 1 gram digunakan tiga orang. Bisa juga berkurang kalau dia digunakan dua orang, tetapi ini yang kita bisa selamatkan. Pemusnahan barang bukti narkotika ini sebagai wujud war on drags komitmen BNN yang selalu kita canangkan untuk terus tidak berhenti melakukan operasi pemberantasan dalam rangka penanggulangan narkotika," imbuhnya.

Tujuh kasus jaringan yang berhasil diungkap BNN. Simak halaman selanjutnya.

Lihat Video: Detik-detik BNN Bongkar Pengiriman 450 Kg Sabu

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2