Masih Pandemi, Bupati Terpilih di Bengkulu Akan Dilantik Secara Virtual

Hery Supandi - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 14:38 WIB
Petugas KPPS berpakaian baju hazmat dan alat pelindung diri (APD) menyemprotkan cairan disinfektan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13, Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). TPS di Kota Depok menerapkan protokol kesehatan pada Pilkada Serentak 2020 di masa Pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.
Ilustrasi Pilkada 2020 (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Bengkulu -

Bupati dan wakil bupati terpilih se-Provinsi Bengkulu direncanakan dilantik pada Jumat (26/2) nanti. Pelantikan akan dilakukan oleh Penjabat Gubernur Bengkulu Robert Simbolon secara virtual mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan pelantikan para bupati dan wakil bupati terpilih tersebut guna menindaklanjuti surat dari Kemendagri RI.

Hamka menjelaskan persiapannya telah dimatangkan dengan melakukan koordinasi bersama pelaksana harian bupati serta kabag protokol kabupaten masing-masing.

"Surat pelantikannya sudah turun. Ada tujuh bupati dan wakil bupati terpilih yang akan dilantik karena satu bupati, yaitu Kaur, belum habis masa jabatannya. Untuk persiapannya, kita tadi telah rapat bersama plh bupati dan kabag protokolnya. Sementara ini sesuai petunjuk dari Kemendagri pelantikan dilakukan secara virtual," tutur Hamka, Selasa (23/2/2021).

Saat ini, jelas Hamka, belum ada kendala untuk pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih tersebut. Namun, mengingat pelantikan dilakukan secara virtual, para bupati yang dilantik diminta memastikan jaringan sinyal internet tidak terganggu.

"Pelantikan akan dipusatkan di Gedung Daerah secara virtual. Kita minta plh bupati mencari tempat yang sinyalnya kuat sehingga tidak mengganggu pelantikan nanti," jelas Hamka.

Sedangkan untuk undangan pelantikan dibatasi hanya 25 orang, yang terdiri atas istri dan keluarga inti untuk menghindari penyebaran COVID-19.

"Undangan kita batasi hanya 25 orang saja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Harapan kita, jangan sampai terjadi klaster baru," kata Hamka.

Diketahui, pada 2020 ada 8 daerah di Bengkulu yang menyelenggarakan pilkada. Delapan daerah tersebut ialah Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kaur, Seluma, Mukomuko, Lebong, dan Kepahiang.

Tonton juga Video: Bupati Bengkulu Selatan Jualan Sayur Sambil Kampanye Protokol Corona

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)