Pemprov Bengkulu Akan Gelar Vaksinasi Tahap II pada Maret, Ini Alasannya

Hery Supandi - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 21:35 WIB
Petugas menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang.
Foto Ilustrasi vaksin COVID-19. (Agung Pambudhy/detikcom)
Bengkulu - Pemprov Bengkulu belum bisa melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap kedua. Pemprov Bengkulu menyebut ada 2 hal yang membuat vaksinasi tahap kedua belum bisa digelar, salah satunya target vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) belum tercapai.

"Vaksinasi tahap II Bengkulu akan terlaksana pada Maret mendatang, sebab masih ada daerah yang belum mencapai target, yaitu 85 persen vaksinasi untuk nakes. Di samping itu, vaksin kedua ini belum sampai di Bengkulu," kata Kabid Pengecahan dan Pengendalian Dinkes Provinsi Bengkulu, Lisyenti Bahar, kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Lisyenti memperkirakan vaksin untuk tahap kedua akan tiba di Bengkulu pekan ini. Dia memastikan pihaknya masih berupaya menyelesaikan vaksinasi COVID-19 tahap pertama.

"Minggu ini, insyaallah vaksin tahap kedua (Biofarma) akan sampai di Bengkulu dari Bandung. Sekarang kita terus dorong agar vaksinasi tahap pertama ini dapat tuntas, sehingga vaksinasi tahap kedua dapat terlaksana, yang difokuskan untuk petugas publik dan lansia," sebutnya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Gubernur Bengkulu Robert Simbolon mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua juga telah dikoordinasikan dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan kabupaten/kota.

"Secara prinsip, kita akan bekerja maksimal untuk siapkan semuanya agar vaksinasi COVID-19 tahap kedua ini berjalan dengan lancar," ujar Robert.

Robert menerangkan, sesuai arahan Menteri Kesehatan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua secara nasional mulai digelar hari ini.

"Vaksinasi secara nasional terlaksana hari ini. Namun Bengkulu belum dimulai dan akan direalisasikan dengan realitas kesiapan kita. Menkes menargetkan seluruh vaksinasi usai hingga bulan Juni," ucapnya Robert.

Seperti diketahui, vaksinasi tahap kedua dimulai hari ini. Jutaan vaksin mulai didistribusikan ke provinsi yang akan disalurkan ke kabupaten/kota. Vaksinasi tahap kedua ditargetkan berakhir Juni 2021 sebelum nanti akan dilaksanakan vaksinasi tahap ketiga. (zak/zak)