Paripurna DPRD Usul Bobby Nasution Dilantik Jadi Walkot Medan 26 Februari

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 13:37 WIB
DPRD Medan menggelar rapat paripurna tentang usulan pelantikan Bobby Nasution-Aulia Rachman menjadi Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan pada 26 Februari 2021. (Ahmad Arfah/detikcom)
DPRD Medan menggelar rapat paripurna tentang usulan pelantikan Bobby Nasution-Aulia Rachman menjadi Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan pada 26 Februari 2021. (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

DPRD Medan menggelar rapat paripurna tentang usulan pengangkatan dan pengesahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2021-2024. Bobby Nasution dan Aulia Rachman diusulkan dilantik pada 26 Februari 2021.

"Paripurna hari ini terkait dengan usulan pengesahan pengangkatan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih untuk 2021-2024," kata Ketua DPRD Medan Hasyim seusai rapat di gedung DPRD Medan, Selasa (23/2/2021).

Hasyim mengatakan hasil dari paripurna akan dikirim ke Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Setelah itu akan diteruskan ke Menteri Dalam Negeri untuk disahkan.

"Nanti usulan tersebut akan kami proses hari ini setelah paripurna untuk dikirim ke Mendagri melalui Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat," ucapnya.

Hasyim berharap proses pengesahan di Mendagri bisa segera selesai. Hal ini agar proses pelantikan dapat dijalankan sesuai dengan jadwal.

"Rencananya mungkin di tanggal 26 Februari itu akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan. Hari ini juga nanti kita kirim ke Gubernur. Nanti Gubernur yang mengajukan ke Kemendagri," jelasnya.

Seperti diketahui, Bobby Nasution, yang berpasangan dengan Aulia Rachman, menjadi pemenang di Pilkada Medan. Kemenangan Bobby dan Aulia ini sudah ditetapkan oleh KPU Medan.

"Menetapkan, keputusan KPU Kota Medan tentang penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020. Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020 adalah Muhammad Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman, nomor urut 2, dengan perolehan suara 393.327," kata Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik saat rapat pleno penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Kamis (18/2).

Tonton juga Video: Dukung Bobby di Pilwalkot Medan, Airlangga: Kemenangan Terbesar

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)