Bobby Nasution Bakal Gandeng Semua Parpol di DPRD Medan, Termasuk PKS-PD

Datuk Haris Maulana - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 21:29 WIB
Bobby Nasution usai ditetapkan jadi Wali Kota Medan terpilih (Datuk Haris/detikcom)
Foto: Bobby Nasution usai ditetapkan jadi Wali Kota Medan terpilih (Datuk Haris/detikcom)
Jakarta -

Pasangan Bobby Nasution- Aulia Rachman bakal bekerja bergandengan dengan legislatif usai ditetapkan jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih oleh KPU. Bobby menyebut bakal melibatkan semua partai, termasuk Partai Demokrat dan PKS.

"Ya, kita Pemerintah Kota Medan ini rekan kerjanya adalah rekan-rekan legislatif. Di legislatif itu bukan hanya ada partai pendukung Bobby-Aulia," sebut Bobby Nasution.

Bobby Nasution menyebut akan bergandengan bekerja dengan legislatif meliputi semua partai. Hal itu termasuk Partai Demokrat dan PKS.

"Di sana juga ada PKS, di sana juga ada Demokrat. Tentunya kerja kami sebagai Pemerintah Kota Medan ya harus selalu bergandengan dengan legislatif ini meliputi semua partai, meliputi semua yang ada duduk di DPRD Kota Medan dan ini pasti jadi rekan kerja kita," ujar Bobby.

Pilkada Medan diikuti oleh dua paslon. Paslon nomor urut 1 adalah Akhyar Nasution-Salman Alfarisi yang diusung Demokrat dan PKS.

Paslon nomor urut 2 adalah Bobby Nasution-Aulia Rachman. Paslon ini diusung oleh PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura dan PSI.

Kemudian, pemilihan digelar pada tanggal 9 Desember 2020. Tahapan selanjutnya, KPU Medan menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. KPU menetapkan pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman sebagai pemenang Pilkada.

Kubu Akhyar Nasution- Salman Alfarisi mengajukan gugatan Pilwalkot Medan ke Mahkamah Konstitusi (MK) usai kalah dalam penghitungan suara. Hasilnya, gugatan Akhyar- Salman dinyatakan gugur. Hal itu, diputuskan dalam sidamg pleno yang dipimpin ketua MK, Anwar Usman.

Sesudah itu, KPU Kota Medan, menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih. KPU menetapkan pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan digelar di Hotel Arya Duta Medan, Kamis (18/2/2021).

"Menetapkan, keputusan KPU Kota Medan tentang penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020. Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2020 adalah Muhammad Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman, nomor urut 2 dengan perolehan suara 393.327," kata Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik.

Setelah penetapan, Kata Agus, berkas berita acara dan keputusan KPU Kota Medan diserahkan ke DPRD Medan, Partai pendukung, calon terpilih dan Bawaslu Kota Medan.

"Setelah kita menyerahkan kepada DPRD, nanti DPRD melakukan paripurna dan menyampaikan usulan pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Sumatera Utara," ujar Agussyah.

Saksikan juga 'Menang Quick Count, Bobby: Kita Harus Tetap Tunggu Real Count KPU':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)