Tembok Rumah di Kemang Timur Jaksel Roboh, Petugas Bersihkan Puing

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 12:24 WIB
Tetes air hujan di kaca. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi Hujan Deras (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Tembok rumah di Kemang Timur, Jakarta Selatan, roboh. Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan Mustajab mengatakan peristiwa itu terjadi pada Sabtu lalu.

"Iya betul (ada tembok roboh)," ujar Mustajab saat dihubungi, Selasa (23/2/2021).

Meski demikian, Mustajab belum mengetahui pasti kondisi tembok yang roboh itu. Menurutnya, robohnya tembok itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Kemang pada Sabtu (20/2).

"Hari ini mau ditinjau apakah pagar itu milik warga atau milik SDA. Kalau milik warga mungkin warga segera betulin," ucapnya.

Mustajab mengatakan tembok yang roboh itu memiliki tingginya sekitar 1,8 meter. Tak ada korban dalam peristiwa itu.

"Tingginya ya sekitar 1,8," kata Mustajab.

Pada Senin (22/2) kemarin, 30 petugas gabungan dari unsur PPSU, Satgas SDA, dan UPK Badan Air DKI Jakarta diterjunkan untuk menangani tembok rumah warga yang roboh. Puing-puing batu tembok yang masuk ke saluran air selebar 1,5 meter.

"Pembersihan dilakukan agar saluran air tidak tersumbat oleh batu dan tanah sehingga saluran kembali berfungsi normal, dan saat hujan air dapat mengalir lancar," ujar Lurah Bangka Nofia Enita dalam keterangan tertulis.

Nofia menjelaskan tembok yang roboh itu panjangnya sekitar 20 meter. "Petugas mengangkut puing pecahan tembok dari saluran secara manual," tandasnya.

(man/knv)