Ponpes di Cianjur Roboh, BPBD Pastikan Tidak Ada Korban Tertimbun

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 17:47 WIB
Bangunan asrama santri Pondok Pesantren Al-Madaroh Cianjur, Jawa Barat ambruk. Peristiwa itu diduga terjadi akibat kelebihan beban.
Ponpes di Cianjur roboh (Ismet/detikcom)
Cianjur -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden robohnya bangunan asrama Pondok Pesantren Al Madaroh. Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan mengatakan proses evakuasi sudah selesai dan tidak ditemukan santri dan tamu yang tertimbun.

"Semuanya dipastikan selamat, tidak ada yang meninggal ataupun tertimbun. Tapi semalam ada 11 santri yang harus menjalani perawatan di rumah sakit karena luka-luka," ujar Irfan, Minggu (17/1/2021).

Menurutnya, saat ini petugas masih melakukan pembersihan material bangunan yang ambruk. "Sisa puing-puing terus dibersihkan, tembok yang miring pun dirobohkan untuk mencegah ada korban selanjutnya jika sewaktu-waktu roboh dan menimpa santri atau warga yang melintas," tutur Irfan.

Dia mengatakan aktivitas di pondok pesantren sementara diliburkan dan para santri dipulangkan agar bisa menenangkan diri. "Terutama mereka yang menjadi korban dalam insiden tersebut, dipulangkan agar supaya tidak mengalami trauma," ucap Irfan.

Kapolsek Pacet AKP Galih mengaku pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab pasti robohnya bangunan asrama santri laki-laki. Konstruksi bangunan tersebut diduga tidak kuat menahan beban berlebih di lantai dua dan tiga.

"Dugaan sementara kelebihan beban. Tapi untuk lebih pastinya masih kami selidiki," kata Galih.

Asrama Pondok Pesantren Al Madaroh di Cianjur ini roboh pada Sabtu (16/1) malam. Sejumlah santri tertimpa dan terluka akibat insiden tersebut.

(bbn/bbn)