Tembok Rumah di Pondok Karya Jaksel Roboh Saat Banjir, Ada Suara 'Brug'

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 11:32 WIB
Tembok salah satu rumah di Komplek Polri Pondok Karya, Jaksel, roboh.
Foto: Tembok salah satu rumah di Komplek Polri Pondok Karya, Jaksel, roboh. (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Tembok salah satu rumah di Komplek Polri Pondok Karya, Jakarta Selatan, roboh. Tembok salah satu rumah tersebut roboh diduga akibat derasnya arus banjir.

Pantauan detikcom di Komplek Polri Pondok Karya, Minggu (21/2/2021), pukul 10.50 WIB, rumah yang temboknya runtuh berwarna putih. Tembok yang roboh berada di depan rumah.

Sampah-sampah berserakan di depan rumah tersebut. Ada juga sampah yang menyangkut di tembok rumah yang roboh itu.

Tembok salah satu rumah di Komplek Polri Pondok Karya, Jaksel, roboh, Minggu (21/2/2021).Penampakan tembok rumah di Komplek Polri Pondok Karya yang roboh. (Adhyasta/detikcom)

Letak rumah tersebut berada di paling pinggir Komplek Polri Pondok Karya. Terlebih, rumah tersebut juga berada di pinggir Kali Mampang.

Ibnu, warga yang tinggal di rumah tersebut menjelaskan tembok dan pagar roboh tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu, Ibnu sedang mengungsi di lantai 2 karena ketinggian air mencapai 1,5 meter.

"(Roboh) semalam sekitar pukul 10.00-an WIB. Saya lagi di atas situ, orang tinggi (banjir) 1,5 meter," ucap Ibnu saat ditemui.

Ketika roboh, Ibnu mendengar suara 'brug'. Menurutnya, arus banjir semalam memang deras.

"Ada suara. 'Brug' gitu semua kena air. Saking derasnya, deras banget. Setiap hujan banjir, tapi nggak pernah separah ini," tuturnya.

Selain itu, rumah tempatnya tinggal itu berada di sisi Kali Mampang. Ibnu pun mengharapkan bantuan untuk memperbaiki rumah tempatnya bekerja itu.

"Jadi semua air lewat (rumah) semua, dari jalan ke sini, turun ke kali. Ya kalau bisa bantuan," tandas Ibnu.

Seperti diketahui, wilayah Komplek Polri Pondok Karya, Jakarta Selatan diterjang banjir sejak 2 hari lalu. Namun, saat ini banjir mulai berangsur surut.

Petugas dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jaksel pun terlihat bersiaga di lokasi untuk membereskan sampah.

Simak video 'Terjebak Banjir, Warga Perumahan Pondok Karya Dievakuasi Hingga Dini Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)