Polri Beri Pelatihan Public Speaking ke Kapolres dan Kabid Humas Polda

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 16:25 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono
Foto: Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono (Dok Humas Polri)
Jakarta - Pelatihan public speaking digelar Polri dalam rangka tindak lanjut 100 hari program prioritas Kapolri, yakni pemantapan komunikasi publik. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut pelatihan itu dilakukan sebagai bekal kepada setiap kapolres ataupun kabid humas agar bisa membuat citra Polri menjadi positif di depan publik.

"Ini sebagai bentuk penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik. Serta sebagai bekal bagi seluruh kapolres dan kabid humas agar memiliki kemampuan berbicara di depan publik dan media yang profesional dan berdampak positif bagi citra Polri," ujar Argo melalui keterangan tertulis, Senin (22/2/2021).

Adapun pelatihan yang mengusung tema Penguatan Kapasitas SDM Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan) ini diikuti oleh seluruh Kabid Humas Polda jajaran. Selain itu, perwakilan Puspen TNI, Dispen TNI AD, Dispen TNI AL, dan Dispen TNI AU, juga hadir secara virtual.

Argo berharap peserta mempelajari bagaimana mengemas teknik komunikasi verbal dan non verbal agar dapat disampaikan secara efektif. Menurutnya, itu hal penting untuk menciptakan citra positif Polri dalam membangun kepercayaan masyarakat.

"Saya harap peserta pelatihan dapat memanfaatkan pelatihan ini dan dapat menjadi manfaat serta betul-betul menjadi momentum peningkatan kapasitas diri sebagai leading sektor wajah Polri di wilayah," kata Argo.

"Fungsi kehumasan pada organisasi Polri merupakan instrumen strategis yang diperlukan untuk membangun komunikasi yang sejajar dengan masyarakat, sekaligus konstruktif, terkait dengan terbangunnya image positif bagi eksistensi Polri. Sehingga memungkinkan terwujudnya kesepahaman pengertian serta dapat menumbuhkan kepercayaan melalui terbangunnya reputasi Polri yang baik dimata masyarakat," lanjutnya.

Adapun waktu pelatihan ini dilaksanakan mulai hari ini (22/2) hingga Jumat (26/2). Peserta yang mengikuti pelatihan mencapai 530 personel.

(zap/zap)