Cerita Ketua RW Bumi Nasio Indah Minta Warga Selamatkan Mobil dari Banjir

Afzal Nur Iman - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 15:13 WIB
Ketua RW 16 di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Bekasi, Iwan Kurniawan
Ketua RW 16 di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Bekasi, Iwan Kurniawan (Afzal/detikcom)
Bekasi -

Iwan Kurniawan selaku Ketua RW 16 di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Bekasi, telah memberikan peringatan dini kepada warganya tentang prediksi banjir di perumahan tersebut. Iwan meminta warga mengungsikan kendaraan seperti mobil agar tidak terendam banjir.

"Saya dari awal sejak sebelum kejadian sudah lihat perkiraan cuaca, jadi diperkirakan akan hujan. Kalau tidak merata awalnya 12 jam nonstop jadi sudah saya share info itu ke warga, kendaraan sudah mulai diungsikan," kata Iwan di lokasi, Minggu (21/2/2021).

Iwan menyebut, meski sudah diberi peringatan dini, masih ada dua mobil milik warga yang terendam banjir di lokasi tersebut. Menurutnya, mobil itu terendam karena pemilik tidak menyangka bahwa banjir akan tinggi.

"Udah tidak ada kendaraan tersisa kecuali yang masih ragu, masih simpan di halaman masjid, akhirnya ada dua kendaraan terendam karena perkiraan dari info mereka nggak ambil perkiraan maksimal gitu. Mereka kira cuma berapa meter ya," ucapnya.

Meski banjir telah menggenangi perumahan tersebut selama 3 hari, sebagian warga masih bertahan di rumahnya yang terdampak banjir. Warga telah mendapat berbagai bantuan dari beberapa pihak, namun warga masih terkendala air bersih.

"Alhamdulillah bantuan makanan itu yang penting ya, sama air sudah cepat bisa didistribusi. Paling kendala nanti tuh di air bersih karena listrik juga masih mati dan pompa banyak terendam nggak bisa langsung digunakan, jadi nanti kita cari fungsinya," katanya.

Dari 152 keluarga yang terkena dampak, masih ada sekitar 100 keluarga yang bertahan di dalam rumahnya. Warga yang bertahan di rumahnya, merupakan warga yang memiliki rumah bertingkat.

"Yang bertahan sekitar 100 KK (kepala keluarga) masih ada," lanjutnya.

Banjir di lokasi tersebut masih setinggi 1,5 meter. Banjir belum surut sejak Jumat (19/2). Jebolnya tanggul dinilai menjadi penyebab tingginya banjir.

Simak video 'Perumahan di Jatiasih Bekasi Masih Terendam Banjir 2 Meter':

[Gambas:Video 20detik]

(fas/fas)