Masih Banjir, Sebagian Warga Bumi Nasio Indah Bekasi Bertahan di Rumah

Afzal Nur Iman - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 10:25 WIB
Banjir di Bumi Nasio Indah Bekasi
Banjir di Bumi Nasio Indah Bekasi (Foto: Afzal/detikcom)
Bekasi -

Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Bekasi masih belum surut sejak kemarin. Sebagian warga masih bertahan di rumah tanpa pasokan listrik.

"Sudah banyak masyarakat yang ngungsi juga, tapi masih ada beberapa warga yang masih bertahan di rumahnya dikarenakan mereka masih aman karena bahan-bahan makanan dan hal-hal yang dibutuhkan itu mencukupkan, kata salah seorang relawan bernama Lukman saat ditemui di lokasi, Minggu (21/2/2021).

Sejak banjir melanda, aliran listrik di lokasi tersebut mati. Listrik dimatikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kenapa listrik mati? dikarenakan kan lokasi saat ini kan banjir ya, otomatis dikhawatirkan ketika listrik nyala itu malah membuat jadinya korslet, biar nggak terjadi kebakaran atau hal-hal buruk lainnya," lanjutnya.

Banjir di Bumi Nasio Indah BekasiBanjir di Bumi Nasio Indah Bekasi Foto: Afzal/detikcom

Lukman menjadi relawan yang siap mengantar logistik atau warga ke lokasi banjir dengan perahu karet. Dia menyebut belum ada posko pengungsian di lokasi tersebut.

"Kebetulan pengungsian itu belum ada yah, jadi warga sekitar itu mengungsi mungkin ke sanak sausaranya atau menyewa penginapan, paling seperti itu," ujarnya.

Banjir di lokasi disebut masih setinggi 1,5 meter. Banjir belum surut sejak Jumat (19/2). Jebolnya tanggul dinilai sebagai penyebab tingginya banjir.

"Malah meningkat, kemarin sih nggak seperti ini, karena jebol tanggulnya tambah tinggi lagi, ini 1,5 meter," kata Lukman

Pantauan detikcom di lokasi pada pukul 09.45 WIB terlihat banjir masih tinggi hingga di depan gerbang perumahan Bumi Nasio Indah. Perahu sesekali terlihat masuk ke dalam perumahan terasebut.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terlihat bersiaga di lokasi. Selain petugas banyak relawan yang membantu bersiaga.

Simak video 'Banjir Cipinang Melayu Masih Capai 2 meter':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)