Puskesmas Jatiasih Evakuasi Pasien COVID-19 Usai 2 Hari Terdampak Banjir

Afzal Nur Iman - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 14:16 WIB
Tenaga Medis Puskesmas Jatiasih Evakuasi Pasien COVID yang Terdampak Banjir
Tenaga Medis Puskesmas Jatiasih (Afzal/detikcom)
Jakarta -

Petugas Puskesmas Jatiasih, Bekasi, mengevakuasi tiga orang pasien positif COVID-19 yang rumahnya terkena dampak banjir. Ketiga pasien COVID-19 itu akan menjalani isolasi di rumah sakit.

Pantauan detikcom, di Perum Bumi Nasio Indah, Jatimekar, Jatiasih, Bekasi, Minggu (21/2/2021), ada tiga anggota BPBD setempat dan seorang tenaga kesehatan yang menjemput pasien itu. Mereka datang menggunakan APD lengkap dengan protokol kesehatan.

Pasien sebelumnya menolak dievakuasi, tapi akhirnya bisa diyakinkan untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat. Tenaga medis Puskesmas Jatiasih, Fitria, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan warga setempat perihal penjemputan pasien. Fitria juga mengatakan pasien bersedia menjalani isolasi di rumah sakit.

"Saat ini kami sudah koordinasi dengan RW, RT, dan Satgas COVID, sambil sama-sama kita edukasi, akhirnya pasien bersedia dan akhirnya ini kita tindak lanjut mengevakuasi ke RS terdekat," ujar tenaga medis Puskesmas Jatiasih Fitria saat ditemui di lokasi.

Fitria menuturkan awalnya ketiga pasien itu menolak dievakuasi. Namun pihak puskesmas telah melakukan edukasi kepada mereka.

"Jadi ini ada sekitar 3 orang, sebenarnya kita sudah edukasi dari dua hari yang lalu untuk rumah sakit, Karena ada penyakit penyerta, cuma pasien kekeh untuk isoman (isolasi mandir), di hari pertama banjir kekeh isoman," ujarnya.

"Jadi satu yang lansia, yang tadi ada yang hipertensi, dia komorbid sebenarnya, cuma kebanyakan pasien takut sama rumah sakit, tadi kita minta edukasi juga ke Pak RW, karena kita fokus ke yang lainnya, emang kita prioritaskan yang COVID dengan kebanjiran," lanjutnya.

Fitria menjelaskan, pasien harus segera dievakuasi ke rumah sakit karena khawatir kesehatannya bertambah buruk. Petugas kesehatan berupaya mengantisipasi hal itu tidak terjadi.

"Jadi dengan COVID ini kan otomatis dia virus ya, apalagi dia punya komorbid, saat dia di rumah otomatis dia akan bekerja, dia stres melihat rumahnya kebanjiran, itu psikis kan ngaruh. Kenapa segera kita tindak lanjut, khawatirkan nanti dia stres, sesak, malah kita pusing nyari ICU yang susah, jadi kita antisipasinya dengan cara seperti ini," jelas Fitri.

Simak video 'Momen Evakuasi Pasien Positif COVID-19 Terjebak Banjir di Jatiasih':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/zap)