Aksi Kapolsek Gendong Lansia Sakit Saat Cilandak Dilanda Banjir

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 14:44 WIB
Kapolsek Cilandak Kompol Iskandarsyah menggendong warga yang sakit di lokasi banjir. Screenshot video diberikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.
Kapolsek Cilandak Kompol Iskandarsyah menggendong warga yang sakit di lokasi banjir. (Screenshot Video/Istimewa)
Jakarta - Banjir Jakarta yang terjadi di sejumlah lokasi pada Sabtu (20/2/2021) kemarin menyisakan kisah-kisah humanis anggota kepolisian. Polisi terjun ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi warga.

Salah satunya, seperti yang dilakukan Kapolsek Cilandak Kompol Iskandarsyah, yang membantu mengevakuasi seorang lansia sakit yang rumahnya kebanjiran. Iskandarsyah bersama anggotanya turun langsung ke rumah warga tersebut yang berada di Jalan Mandala 2 Bawah RT 08 RW 02, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2).

Di lokasi tersebut, ketinggian banjir mencapai sekitar 1,5 meter. Iskandarsyah ke lokasi setelah mendapatkan informasi adanya warga sakit yang perlu dievakuasi.

"Iya ibu itu kakinya sakit, sehingga kami datang ke sana dan mengevakuasi," kata Iskandarsyah kepada wartawan, Minggu (21/2).

Polisi harus berjalan menyusuri banjir ke rumah korban, karena tidak bisa diakses. Gang rumah yang sempit, sehingga membuat polisi harus menggendong ibu tersebut.

Setelah itu, polisi membawanya ke posko pengungsian dengan menggunakan perahu karet. Salah satu lokasi pengungsian berada di halaman Masjid Babah Alun Desari, Antasari, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, seluruh jajarannya siaga banjir. Selain membantu evakuasi, polisi juga membentuk posko untuk penanganan banjir.

"Kapolda sudah memerintahkan kepada jajaran untuk antisipasi banjir dan anggota siaga untuk membantu proses evakuasi," kata Yusri.

Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan peralatan SAR, seperti di antaranya perahu karet untuk proses evakuasi, perahu rakitan, hingga ratusan pelampung. Polda Metro Jaya telah menurunkan 1.480 personel untuk menangani banjir.

"Kami bekerja sama dengan Basarnas, pemda untuk menangani banjir, mengevakuasi, kemudian juga membentuk posko darurat," tuturnya.

Hingga saat ini, Polda Metro Jaya mencatat ada 22 titik lokasi banjir yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Simak video 'Banjir Cipinang Melayu Masih Capai 2 meter':

[Gambas:Video 20detik] (mei/knv)