DPR Terima Surat 31 Nama Calon Dubes

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 09:59 WIB
Plt. Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Duta Besar Teuku Faizasyah
Foto: dok. Kemlu
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan pertimbangan nama-nama calon duta besar yang telah dikirim ke pimpinan DPR RI merupakan penunjukan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemlu menyebut nantinya nama-nama calon dubes tersebut akan dimintakan konfirmasi kepada negara-negara terkait.

"Sesuai UUD, penunjukan dubes adalah prerogatif presiden. Dalam prosesnya, Menlu memberikan pertimbangan," kata Plh Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah saat dihubungi, Jumat (19/2/2021).

Faizasyah mengatakan surat nama-nama calon dubes ini memang sudah diberikan ke DPR RI. Selanjutnya, secara prosedural, setelah uji kepatutan di DPR, rekomendasi itu akan disampaikan ke Presiden dan dimintakan persetujuan ke negara-negara terkait.

"Secara prosedural, setelah uji kepatutan dilakukan DPR dan rekomendasi disampaikan ke Presiden, Kemlu akan memintakan persetujuan (agreement) dari negara terkait," ucapnya.

Meski surat sudah diserahkan, Faizasyah menyebut, nama-nama calon dubes tersebut saat ini belum bisa diungkap ke publik hingga disetujui oleh negara yang dituju.

"Betul, dalam praktik diplomasi, nama-nama calon dubes tidak dibuka ke publik, setidaknya sampai diperoleh persetujuan dari negara yang dituju atas calon yang diajukan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, daftar nama calon dubes RI di beberapa negara beredar melalui pesan berantai atau broadcast aplikasi perpesanan. Salah satu nama dalam daftar tersebut adalah mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Dari daftar nama yang beredar yang diterima detikcom, Jumat (19/2/2021), Terawan menjadi calon Dubes RI di Madrid, Spanyol. Selain nama Terawan, ada beberapa nama lainnya, seperti Rosan Roeslani.

Sementara itu, pimpinan DPR RI mengkonfirmasi sudah menerima surat presiden (surpres) berisi nama-nama calon duta besar (dubes) RI dari pemerintah. Ada puluhan nama calon dubes RI yang tertuang dalam surat tersebut.

"Ya (surpres berisi nama calon dubes) sudah diterima pimpinan DPR seminggu yang lalu," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Menurut Dasco, ada 31 nama yang direkomendasikan untuk menjadi dubes. Namun Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu belum mau mengungkap nama-namanya.

Lihat juga Video: Dubes RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang Tutup Usia

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)