Polisi Dalami Dugaan Pemalsuan Data Helena Lim Divaksin Duluan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 18:59 WIB
Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers di Mapolda Jaya, Jakarta, Sabtu (25/7/2020) terkait kematian editor Metro TV, Yodi Prabowo. Polda Metro Jaya menyatakan kematian Yodi Prabowo karena bunuh diri dengan cara menusukkan pisau ke perut dan leher. Hadir dalam keterangan pers tersebut antara lain Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.
Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya masih menyelidiki kasus selebgram Helena Lim yang divaksinasi COVID-19 duluan. Dalam perkara ini, polisi mendalami dugaan pemalsuan data Helena Lim.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan Helena Lim telah menjalani pemeriksaan. Saat ini pihaknya masih menyelidiki apakah selebgram tersebut bisa dikategorikan sebagai tenaga kesehatan yang mendapat prioritas vaksinasi.

Terkait surat lampiran yang dibawa Helena Lim sebagai bukti dia bagian dari tenaga kesehatan (nakes), Tubagus menyebut pihaknya masih butuh keterangan pihak-pihak lainnya untuk menentukan palsu atau tidaknya surat keterangan tersebut.

"Pertanyaanya apakah yang bersangkutan masuk ke dalam nakes (tenaga kesehatan), apa kriteria nakes, terdiri dari apa saja nakes itu? Salah satunya penunjang apotek. Pertanyaan adalah dia memalsukan ini (surat keterangan) apotek atau tidak? Penyelidikanya ya hanya di situ," papar Tubagus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

"Kita tinggal menentukan itu tapi kita masih ada klarifikasi lagi beberapa pihak terkait baru nanti kita gelarkan naik sidik (penyidikan) atau berhenti," sambung Tubagus.

Tubagus mengatakan pihaknya masih memerlukan klarifikasi lanjutan dari beberapa pihak. Selanjutnya, penyidik akan melakukan gelar perkara.

"Masih ada yang perlu diklarifikasikan, baru naik ke gelar perkara setelah itu bisa naik ke penyidikan atau tidak," imbuh Tubagus.

Helena Lim, yang divaksinasi, telah menimbulkan polemik. Pasalnya, selebgram tersebut diduga memalsukan dokumen sebagai bagian dari tenaga kesehatan untuk bisa divaksinasi.

Ombudsman menduga adanya potensi pemalsuan dokumen terkait Helena Lim divaksinasi duluan, simak di halaman selanjutnya