detikcom Do Your Magic

Bila Galian Mampang Kelar, Kabel Listrik di Tiang Pun Akan Masuk ke Tanah

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 16:39 WIB
Proyek galian SJUT-manhole di Jl Warung Buncit-Mampang Prapatan arah Kuningan Jakarta Selatan, 4 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Proyek galian SJUT-manhole di Jl Warung Buncit-Mampang Prapatan arah Kuningan Jakarta Selatan, 4 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Jakarta -

Galian manhole di Mampang Prapatan masih dikerjakan. Bila proyek galian sudah selesai, kabel-kabel yang selama ini bergelantungan di tiang bakal dipindahkan ke saluran bawah tanah itu, termasuk kabel listrik PLN.

"Kabel di udara (yang disangga tiang-tiang) akan dipindah ke bawah semua, termasuk kabel listrik PLN yang tegangan rendah akan diturunkan ke bawah," kata Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Sarana Utilitas Kota Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bernhard Gultom, kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Kabel listrik PLN bertegangan rendah akan disalurkan di bawah tanah, yakni di Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) yang kini tengah dikerjakan. Adapun kabel PLN bertegangan menengah hingga tinggi ada di bagian lain namun tetap di bawah tanah. Rencananya, tak akan ada lagi kabel bergelantungan di udara Jl Mampang Prapatan Raya.

Apakah tidak berbahaya bila kabel listrik dialirkan di bawah tanah? Bagaimana bila jalanan kebanjiran?

"Tidak berbahaya. Nanti akan ada pengamannya juga, ada pembungkusnya. Aman. Kita pasti memikirkan faktor keamanannya," kata Bernhard.

Selanjutnya, jumlah manhole yang sudah terpasang:

Selanjutnya
Halaman
1 2