44 Orang di Ponpes Dar el Hikmah Pekanbaru Terpapar Corona

ADVERTISEMENT

44 Orang di Ponpes Dar el Hikmah Pekanbaru Terpapar Corona

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 16:27 WIB
Ilustrasi Tes Swab
Ilustrasi tes usap (swab test) (Mindra Purnomo/detikcom)
Pekanbaru -

Sebanyak 44 orang di Pondok Pesantren (Ponpes) Dar el Hikmah Pekanbaru, Riau, terpapar COVID-19. Mereka yang terpapar dirawat di rumah sakit (RS) dan ada juga yang menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, saat dikonfirmasi membenarkan ada puluhan orang yang terpapar di ponpes tersebut. Dia mengatakan awalnya hanya satu orang yang positif.

"Benar, terkait kasus COVID-19 di Ponpes Dar el Hikmah ada 44 orang positif COVID. Kasus ini setelah sebelumnya satu orang positif COVID," tegas Mimi Yuliani kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Kasus pertama diketahui pada Kamis (11/2) lalu. Selanjutnya dilakukan swab massal dan 2 hari kemudian diumumkan 29 kasus baru dari Ponpes Darel Hikmah yang terletak di Jalan Manyar Sakti.

Tak berhenti di situ, swab massal kembali dilakukan. Hasilnya, ada penambahan 14 orang terpapar COVID-19 sehingga total ada 44 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

"Tanggal 11 Februari ada 1 kasus positif, lalu swab lagi, 13 Februari ada 29 kasus positif. Terakhir swab dan 17 Februari (ditemukan) 14 kasus positif, total 44 kasus positif," kata Mimi.

Mereka yang positif, kata Mimi, mulai dari santri, santriwati, hingga pengurus ponpes. Untuk kasus pertama, kini masih ditelusuri dari mana mereka terpapar.

"Ada yang dirawat di RS ada yang isolasi mandiri. Yang terpapar ini gabungan dari santri sampai pegawai administrasi, kita masih telusuri asal mula terpapar," tutup Mimi.

Dalam catatan Dinas Kesehatan, kasus positif COVID-19 di Riau hingga 18 Februari telah mencapai 30.408 kasus. Sedangkan yang sembuh mencapai 28.378 kasus, dengan angka kematian mencapai 734 orang.

Tonton juga Video: 375 Santri di Ponpes Tasikmalaya Positif COVID-19

[Gambas:Video 20detik]



(ras/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT