Pemprov Riau Tutup Pusat Semburan Gas di Pekanbaru, Target Selesai Pekan Ini

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 16:59 WIB
Pemprov Riau tutup lubang semburan gas di Ponpes Al Ihsan Pekanbaru
Foto: Pemprov Riau tutup lubang semburan gas di Ponpes Al Ihsan Pekanbaru (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Pemprov Riau masih berupaya menutup pusat semburan gas di Ponpes Al Ihsan, Pekanbaru, Riau. Penutupan itu ditargetkan selesai akhir pekan ini.

Pantauan detikcom di lokasi, terlihat pekerja tengah mengerjakan pengelasan penutup atau cover plate di pelataran Ponpes Al Ihsan. Selain itu, ada juga pengerukan di sekeliling sumur bekas semburan gas.

Kepala Dinas ESDM Pemprov Riau, Indra Agus mengatakan pihaknya bersama tim masih menyelesaikan pengerjaan cover plate. Nantinya, cover plate digunakan untuk menutup lubang semburan gas di bagian atas.

"Sekarang tim sedang mengerjakan cover plate. Cover plate ini adalah sambungan beberapa lempengan besi yang disatukan dengan cara mengelas," ujar Indra kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Selanjutnya cover plate bakal diletakkan di bagian atas lubang semburan. Di sekitar lubang semburan sebelumnya telah dilakukan pembersihan sisa lumpur.

"Cover ini dibuat untuk diletakkan di bagian atas lubang semburannya. Tujuannya agar nantinya luapan semburan gas atau lumpur bisa terkendali," kata Indra.

Melihat perkembangan di lapangan, Indra memastikan penutupan dilakukan sesuai petunjuk tim ahli dan Kementerian ESDM. Dia mengatakan target penutupan rampung akhir pekan ini.

"Ya mudah-mudahan akhir pekan ini bisa selesai. Kita maunya cepat ditutup," kata Indra.

Sementara itu Kepala Sekolah Ponpes Al Ihsan, Untung Wahyudi menyebut hingga saat ini masih belum ada aktivitas belajar mengajar. Semua aktivitas telah dialihkan ke cabang Al Ihsan di Kubang.

"Sampai saat ini masih belum bisa kami beraktivitas, masih di Kubang. Apalagi gedung kita semua juga rusak, memang tidak bisa beraktivitas di sana," katanya.

(ras/lir)