detikcom Do Your Magic

Ditutup untuk Kendaraan Pribadi, Ini Daftar Angkutan Umum ke Kota Tua

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 12:44 WIB
Angkutan umum di Kawasan LEZ Kota Tua Jakarta..
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan program kawasan rendah emisi (low emission zone/LEZ) di Kota Tua Jakarta. Beberapa jalan akses masuk Kota Tua ditutup bagi kendaraan bermotor pribadi.

Area penerapan LEZ meliputi Jl Pintu Besar Utara - Jl. Kalibesar Barat sisi Selatan - Jl Kunir sisi Selatan - Jl. Kemukus - Jl Ketumbar - Jalan Lada. Kendaraan bermotor dilarang melintas di sekitar Kota Tua selama 24 jam, meski saat ini sistem buka-tutup masih diterapkan di Jl Kunir-Kemukus untuk menghindari kemacetan.

Para pegawai yang berkantor di Kawasan Wisata Kota Tua dan masyarakat yang hendak mengunjungi kawasan ini bisa memanfaatkan layanan angkutan umum yang disediakan, seperti Commuter Line turun di Stasiun Jakarta Kota, Bus Transjakarta beserta feeder, atau kendaraan tidak bermotor seperti sepeda.

Pantauan detikcom di lokasi tepatnya di Depan Museum Mandiri pada Kamis (18/2/2012) pukul 11.00 WIB, terlihat arus lalu lintas ramai lancar baik di Jl Pintu Besar Selatan, Pintu Besar Utara, dan Jl Asemka.

Angkutan kota mudah di temui di sekitar jalan tersebut. Angkot perjurusan hampir setiap 5 menit melintas, begitu juga Transjakarta. Tukang ojek sepeda juga terlihat di sekitar Stasiun Jakarta Kota dan di depan Museum Mandiri.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat menyebut, nantinya kawasan LEZ hanya diperuntukan untuk Transjakarta dan angkutan pengumpannya. Namun, saat ini angkutan biasa pun masih bisa melalui area kota tua.

"Seharusnya hanya busway (TransJ), namun karena rerouting-nya dari Dinas (Perhubungan) belum selesai, angkutan yang lama masih bisa lewat. Tapi kedepannya hanya busway," ucap Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Erwansyah saat dihubungi.

Jika menaiki KRL, pengunjung bisa naik dari berbagai stasiun KRL di Jabodetabek dan turun di Stasiun Jakarta Kota. Untuk berkeliling ada banyak tukang ojek sepeda di kawasan tersebut.

Angkutan umum di Kawasan LEZ Kota Tua Jakarta..Angkutan umum di Kawasan LEZ Kota Tua Jakarta. Foto: Afzal Nur Iman/detikcom

Simak juga video 'Penampakan Macetnya Kawasan Kota Tua Imbas Zona Rendah Emisi':

[Gambas:Video 20detik]



Apa saja angkutan umum yang ada di Kota Tua. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2