Rapim TNI AU, Kepala Staf Bahas Kesejahteraan-Aspek Penunjang Prajurit

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 10:40 WIB
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

TNI AU menggelar rapat pimpinan (rapim) membahas program kerja pada 2021. Rapim itu juga membahas kesejahteraan prajurit TNI AU untuk meningkatkan profesionalisme dalam tugas-tugasnya.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan kembali komitmen saya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI-AU guna menjadi angkatan udara yang disegani di kawasan. Salah satu upaya untuk meraih hal tersebut, adalah melalui peningkatan pada aspek kesejahteraan prajurit," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, kepada wartawan di Auditorium IG Dewanto Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/2/2021).

Marsekal Fadjar mengatakan bahwa pihaknya tahun lalu sudah meningkatkan tunjangan untuk awak pesawat TNI-AU. Tunjangan tersebut di antaranya tunjangan brevet, keahlian dan keterampilan khusus.

"Tahun lalu, kita telah melaksanakan peningkatan tunjangan bagi awak pesawat, termasuk tunjangan brevet maupun tunjangan keahlian dan keterampilan khusus lainnya," tuturnya.

"Alhamdulillah, kenaikan tunjangan tersebut telah berhasil dibayarkan pada bulan Desember lalu," tambah Fadjar.

Selain itu, Marsekal Fadjar juga menyebut pihaknya akan melanjutkan dan meningkatkan program perumahan non-dinas bagi prajurit. Serta mendukung kendaraan dinas di lanud-lanud kecil dan daerah operasi secara bertahap.

"Di samping itu, program perumahan non-dinas bagi prajurit dengan skema TWP, juga akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Saya juga berencana untuk mendukung kendaraan dinas untuk lanud-lanud kecil dan daerah operasi, yang akan dipenuhi secara bertahap," ujarnya.

Lebih lanjut Marsekal Fadjar menegaskan komitmennya untuk terus memperhatikan aspek-aspek kesejahteraan personel lainnya. Di antaranya tunjangan pendidikan, tunjangan daerah terpencil dan tunjangan pamrahwan.

"Saya berkomitmen, untuk terus memperhatikan berbagai aspek peningkatan kesejahteraan personel lainnya, seperti tunjangan di lembaga pendidikan, tunjangan daerah terpencil, dan tunjangan pamrahwan. Berbagai hal tersebut akan terus dikaji dan terus ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat pengabdian prajurit TNI Angkatan Udara," ucapnya.

Rapim tersebut dihadiri langsung oleh 40 pimpinan TNI-AU yang berada di Jakarta. Sementara untuk yang di luar Jakarta, para pimpinan tersebut hadir secara virtual. Rapim ini mengambil tema 'TNI Angkatan Udara Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, dan Profesional, Siap Mendukung Percepatan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional'.

(eva/eva)