ADVERTISEMENT

Round-Up

4 Fakta Kerumunan Barongsai di Pantjoran PIK hingga Pengelola Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 05:47 WIB
Sejumlah warga beraktivitas di Chinatown Pantjoran, Jakarta, Kamis (24/12/2020). Tempat makan di lahan reklamasi itu menggunakan konsep chinatown.
Foto: Pantjoran PIK (Rifkianto Nugroho)

Pantjoran PIK Disegel

Polres Metro Jakarta Utara langsung mengambil tindakan setelah mengetahui adanya kerumunan di atraksi barongsai itu. Polisi menyebut pihaknya menyegel panggung setelah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19.

"(Penyegelan) pas mereka lagi terjadi kerumunan ya. Kita bubarkan melalui instansi terkait termasuk Satgas COVID itu langsung kita segel," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif saat dihubungi detikcom, Selasa (16/2/2021).

Kapolsek Penjaringan Kompol Ardyansyah mengatakan bahwa Pantjoran PIK, Golf Island yang berlokasi di Pantai Maju, Jakarta Utara telah disegel aparat Satpol PP.

"Sudah disegel oleh Satpol PP," kata Kapolsek Penjaringan Komisaris Ardyansyah saat dihubungi CNN Indonesia, Selasa, (16/2).

Pengelola Jadi Tersangka-Tak Ditahan

Pengelola Pantjoran PIKberinisial BJ telah ditetapkan sebagai tersangka kasuskerumunan barongsaiImlek. BJ tidak ditahan polisi, mengingat ancaman hukumannya di bawah lima tahun penjara.

"Tersangka tidak ditahan, karena ancamannya satu tahun penjara," kata Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Nasriadi saat dihubungi detikcom, Rabu (17/2/2021).

Nasriadi mengatakan BJ ditetapkan sebagai tersangka dengan jeratan pidana Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentangKarantina Kesehatan,dengan ancaman 1 tahun penjara.

Sementara itu, polisi juga memeriksa BJ sebagai tersangka, pada Rabu 17 Februari 2021 kemarin.

"Kemarin kita baru melengkapi alat bukti dan telah melakukan klarifikasi. Insyaallah hari ini tersangka BJ akan diperiksa sebagai tersangka," kata Nasriadi.

Dalam kasus ini, polisi menyita barang buktibarongsai dari salah satu yayasan di Pinangsia, Jakbar.Beberapa saksi, termasuk pemain barongsai, diperiksa polisi.

Kerumunan barongsai itu tidak direncanakan, simak penjelasan polisi di halaman selanjutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT