11 Rukun Sholat yang Disepakati Para Ulama

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 21:05 WIB
Bacaan Niat Sholat Idul Adha dalam GRafis
Ilustrasi 11 rukun sholat yang disepakati para ulama (Foto: Luthfy S/detikcom)
Jakarta -

Ada 11 rukun sholat yang disepakati para ulama baik mazhab Hanafi, Hambali, Maliki maupun Syafi'i. Demikian seperti ditulis oleh Syekh Wahbah Az Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillathuhu juz 2.


Rukun sholat adalah bacaan dan gerakan yang wajib dilaksanakan dalam sholat. Rukun sholat tidak boleh ditinggalkan baik karena sengaja, tidak tahu mau pun lupa.

Menurut Syekh Wahbah, jika diperhatikan dari pendapat para ulama tersebut, maka ada enam fardhu atau rukun sholat yang disepakati. "Yaitu, takbiratul ihram, berdiri, membaca ayat, ruku', sujud, duduk terakhir selama kadar bacaan tasyahud sampai bacaan Abduhu wa Rasuuluhu," tulis Syekh Wahbah.


Berikut ini 11 Rukun Sholat

1. Takbiratul Ihram

Rukun Sholat pertama adalah takbiratul ihram yakni posisi berdiri memulai sholat dengan menghadap kiblat sambil mengucapkan takbir, "Allahu Akbar."

Namun dalam kondisi lemah, seseorang diperbolahkan sholat sambil duduk bahkan berbaring.

2. Berdiri dalam sholat fardhu bagi yang mampu

Menurut Syekh Wahbah rukun sholat yang kedua adalah berdiri dalam sholat fardhu untuk yang mampu. Disebutkan dalam hadits riwayat Jamaah dan Hakim dari sahabat Imran:

"Ketika menderita bawasir, aku bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai sholat dan beliau bersabda, 'Sholatlah sambil berdiri. Jika tidak mampu maka sholatlah sambil duduk. Jika tidak mampu juga, maka sholatlah sambil berbaring miring."

Ditambahkan juga dalam hadits riwayat An Nasa'i, Rasulullah SAW bersabda, "Jika tidak mampu maka berbaringlah telentang. Allah tidak membebani hamba-Nya kecuali sesuai dengan kemampuannya."


3. Membaca Surat dalam Al Quran

Para ulama sepakat bahwa membaca ayat Al Quran dalam dua rakaat pertama hukumnya adalah wajib. Diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Sholat tidak sah kecuali dengan membaca ayat Al Quran."

4. Ruku'

Rukun sholat berikutnya adalah ruku' yang menurut etimologi artinya membungkuk. Secara terminologi ruku' artinya membungkukkan kepala dan punggung bersamaan dengan tangan memegang lutut.


5. Bangkit dari ruku' dan I'tidal


Setelah ruku' rukun sholat berikutnya adalah bangkit menegakkan badan untuk beri'tidal dengan tuma'ninah.


6. Dua Kali Sujud

Rukun sholat berikutnya adalah dua kali sujud tiap rakaat. Secara etimologi sujud artinya adalah khudhu dan merendah atau tawadhu dan tunduk. Nah menurut terminologi secara singkat bisa disebutkan bahwa sujud adalah meletakkan sebagian dahi yang terbuka ke tanah atau tempat sholat.

Diriwayatkan dalam hadits Ibnu Hibban dalam shahihnya, Rasulullah SAW bersabda, "Jika engkau sujud, maka letakkanlah dahimu dan jangan terburu-buru."


Rukun sholat berikutnya adalah duduk di antara dua sujud

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA UNTUK MEMBACA

Selanjutnya
Halaman
1 2