Eks Pimpinan Minta KPK Pertimbangkan Hukuman Mati Bagi Edhy Prabowo-Juliari

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 19:33 WIB
Abraham Samad
Abraham Samad (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Mantan Ketua KPK Abraham Samad meminta KPK mempertimbangkan penggunaan hukuman mati bagi tersangka korupsi eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan eks Menteri Sosial Juliari P Batubara. Menurutnya, hukuman mati bisa menjadi efek jera.

"Itu perlu dipertimbangkan oleh KPK ya untuk memberikan tuntutan hukuman mati kepada kedua orang ini (Juliari Batubara dan Edhy Prabowo), supaya memberikan efek kepada pelaku-pelaku korupsi agar orang tidak berani lagi melakukan korupsi masa sekarang ini," kata Samad kepada wartawan, Rabu (17/2/2021).

Namun, Samad menilai KPK saat ini perlu lebih dulu fokus terhadap penyelesaian pemberkasan kasus yang saat ini menjerat para tersangka. Penerapan pasal lain, menurutnya bisa dikerjakan setelah kasus suap mereka rampung.

"Karena kalau langsung ke sana (pengembangan kasus) kan nanti bisa kesulitan (mencari) alat bukti. Jadi menurut saya KPK harus konsentrasi saja kepada tersangka dulu," ujar Samad.

"Karena kalau langsung ke sana siapa tau nanti yang bersangkutan lepas kan gitu kan. Jadi harus konsentrasi kepada tersangkanya dulu untuk membawa ke pengadilan," tambahnya.

Usulan hukuman mati itu awalnya dilontarkan oleh Wamenkum HAM. simak berita selengkapnya

Simak video 'Soal Hukuman Mati Koruptor Bansos, Calon Hakim Agung: Itu Boleh!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2