detikcom Do Your Magic

Alasan Bekasi Ingin Sampah Selapangan Bola Jadi TPS: Volume Sangat Besar

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 18:54 WIB
Sampah seluas lapangan sepakbola di Kampung Caman, tak jauh dari Gerbang Tol Kalimalang 1, Bekasi. 25 Januari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Sampah seluas lapangan sepakbola di Kampung Caman, tak jauh dari Gerbang Tol Kalimalang 1, Bekasi. 25 Januari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Bekasi -

Hamparan sampah seluas lapangan sepakbola di dekat Gerbang Tol Kalimalang 1 dikeluhkan warga. Pemerintah Kota Bekasi telah berkirim surat permohonan ke Kementerian Keuangan untuk menjadikan lahan itu sebagai Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah. Alasannya, sampah di lokasi itu sudah terlalu banyak.

"Surat sudah diterima oleh Dirjen Kekayaan Negara (DJKN) dan akan dibahas di rapat pimpinan DJKPN minggu ini," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Kustantinah, kepada detikcom, Rabu (17/1/2021).

Dia menunjukkan surat Wali Kota Bekasi tertanggal 9 Februari 2021 yang ditujukan kepada Menteri Keuangan RI dan Dirjen Kekayaan Negara, untuk 'Permohonan Pinjam Pakai Tanah Ex PT Albaraya di Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi'.

Dalam surat itu dijelaskan, lahan bekas PT Albaraya itu seluas kurang lebih 21 hektare, terletak di RW 08 dan RW 09 Kelurahan Bintara Jaya serta RW 016 Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat. Lahan itu berada di bawah penguasaan Kemenkeu RI. Saat itu, lahan itu terbengkalai dan menjadi tempat pembuangan sampah liar. Akibatnya, kondisi lingkungan menjadi terganggu.

Selanjutnya, alasan Pemkot Bekasi ingin menjadikan tempat pembuangan sampah liar ini sebagai TPS:



Simak Video "Sampah Seluas Lapangan Bola Ada di Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]