F-Golkar Nilai Usulan BK Copot Waka DPRD Sulut Kepergok Selingkuh Politis

Trisno Mais - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 11:45 WIB
Michaela Elsiana Paruntu saat memenuhi undangan BK DPRD Sulut terkait dugaan perselingkuhan suaminya, James Arthur Kojongian (Trisno Mais/detikcom)
James Arthur Kojongian (Trisno Mais/detikcom)
Manado - Fraksi Partai Golkar DPRD Sulawesi Utara (Sulut) menyoroti keputusan Badan Kehormatan (BK) yang merekomendasikan pencopotan James Arthur Kojongian dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD. Golkar menilai keputusan BK tersebut bersifat politis.

Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Golkar Raski Mokodompit saat menginterupsi pembacaan rekomendasi BK yang dibacakan oleh Ketua BK Sandra Rondonuwu di ruang rapat paripurna, DPRD Sulut, Selasa (16/2). Raski juga heran atas keputusan BK menyerahkan pemberhentian James sebagai anggota DPRD ke partainya.

"Yang pasti keputusan kami anggap sangat politis. Apalagi pada poin dua, diberhentikan sebagai anggota DPRD, tapi dikembalikan ke partai Golkar," kata Raski.

Menurut Raski, tak seharusnya BK menyerahkan pemberhentian James Arthur Kojongian ke Partai Golkar. Mengingat hal itu merupakan keputusan BK.

"Kalau memang keputusan Badan Kehormatan memberhentikan sebagai alat kelengkapan dewan, kenapa lagi dikembalikan ke partai Golkar untuk memberhentikan sebagai anggota DPRD," tuturnya.

Raski pun menuding ada kepentingan politik yang sengaja dibuat BK. Menurutnya, keputusan BK tersebut seolah membenturkan partainya dengan masyarakat.

"Ini ada dua keputusan, yang satu keputusan telah disahkan DPRD, dan satu keputusan sengaja dibuat opini politis. Seakan-akan masyarakat lah yang berhadapan dengan partai Golkar," kata Raski.

Raski mengaku tak berusaha mempengaruhi keputusan BK. Namun, menurut dia, James Arthur Kojongian tak diberi kesempatan membela diri.

"Dari awal yang bersangkutan juga tidak dimintai pembelaan diri, hanya sekali mengklarifikasi tapi selanjutnya sudah tidak diberi kesempatan lagi," pungkasnya.

Simak juga video 'Pergoki Suami Selingkuh, Istri Wakil Ketua DPRD Sulut Diklarifikasi BK':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/idh)