detikcom Do Your Magic

Evaluasi DKI soal LEZ Kota Tua: Masih Ada Kendaraan Lolos Penutupan Jalan

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 14:55 WIB
Jl Kunir-Jl Kemukus di LEZ Kota Tua tidak ditutup pada 16 Februari 2021 siang. (Afzal NI/detikcom)
Jl Kunir-Jl Kemukus di LEZ Kota Tua tidak ditutup pada 16 Februari 2021 siang. (Afzal NI/detikcom)
Jakarta -

Jl Kunir menuju Jl Kemukus, salah satu jalan yang biasanya ditutup dalam program low emission zone (LEZ) di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, tidak ditutup siang ini. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan telah melakukan evaluasi terhadap jalur tersebut.

"Hasil evaluasi pelaksanaan LEZ, terpantau masih ada kendaraan yang lolos dari arah kampung bandan khususnya sepeda motor ke Simpang Kunir-Kemukus, memperhatikan kondisi ini dan untuk melancarkan arus lalu lintas, kami masih melakukan sistem buka-tutup di Simpang Kunir-Kemukus," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Selasa (16/2/2021).

Evaluasi terhadap penutupan jalan dalam program LEZ dilakukan oleh Dishub DKI Jakarta. Salah satu yang mendapat perhatian adalah simpang Kunir-Kemukus yang kerap mengalami kemacetan ketika jalan ditutup.

Pantauan detikcom di lokasi pada Selasa (16/2), pukul 13.40 WIB, tidak ada penutupan Jl Kemukus. Pengendara dari Jl Kunir bebas melintas menuju jalan tersebut.

Pembatas jalan berwarna oranye hanya membatasi pengendara dari arah Kampung Bandan. Meskipun telah dibatasi dengan barier dan rambu lalu lintas, ada saja kendaraan yang melintas dari arah Kampung Bandan.

Selanjutnya, jalanan diguyur hujan deras.