Dino Patti Djalal Ungkap Bukti Keterlibatan Fredy Kusnadi soal Mafia Tanah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 01:13 WIB
Dino Patti Djalal
Dino Patti Djalal (Foto: M Zhacky-detikcom)
Jakarta -

Eks Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal mengungkap bukti keterlibatan Fredy Kusnadi dalam kasus penjarahan terhadap sertifikat tanah ibunya. Bukti itu dia dapatkan dari salah satu tersangka mafia tanah bernama Sherly yang saat ini sudah ditangkap polisi.

Di akun Twitternya, Dino memberitahu kalau dirinya akan membeberkan bukti keterlibatan Fredy Kusnadi terhadap kasus yang dialami ibunya melalui video di akun instagramnya. Video itu kemudian diunggah pada Minggu (14/2/2021) sekitar pukul 23.00 WIB. Unggahan video berdurasi 6 menit 45 detik itu diawali keterangan Dino yang mengungkap bukti. Di akhir video, Dino menyertakan pengakuan tersangka Sherly terhadap Fredy Kusnadi.

"Saya ingin memberikan 3 bukti mengenai keterlibatan Fredy dalam sindikat mafia tanah, pertama adalah pengakuan dari tersangka bernama Sherly yang telah tertangkap oleh polisi, dan saya memberi apresiasi karena Sherly telah memberikan pengakuan yang sejujur-jujurnya mengenai peran Fredy dalam salah satu aksi penipuan terhadap rumah ibu saya," kata Dino.

Kemudian, Dino juga mendapat bukti transfer yang diterima Fredy Kusnadi senilai Rp 320 juta. Uang tersebut, kata Dino, merupakan bagian dari hasil menggadaikan sertifikat tanah ibunya.

Dino mengatakan sertifikat itu digadaikan ke sebuah koperasi dan diuangkan senilai Rp 4 miliar. Kemudian dibagi-bagi dengan sindikat mafia tersebut.

"Bukti kedua yang sudah saya berikan kepada polisi adalah bukti transfer yang diterima Fredy sebesar Rp 320 juta. Nah ini adalah sebagai bagian dari hasil penggadaian sertifikat rumah milik ibu saya ke suatu koperasi. Nah dari sana diuangkan sekitar Rp 4-5 miliar, dan dibagi-bagi antara mereka, yang paling besar mungkin bosnya mendapat sekitar Rp 1,7 miliar, yang lain antara Rp 1 miliar dan Rp 500 juta, jadi dibagi-bagi antara komplotannya," ujarnya.

Simak juga video 'Respons Komisi II Soal Rumah Ibu Dino Patti Djalal Dicaplok Mafia Tanah':

[Gambas:Video 20detik]



Simak bukti lainnya yang diungkap Dino, di halaman berikut