Jejak Dino Patti Djalal Mencuit 'Mafia Tanah' hingga Dipolisikan Balik

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 18:23 WIB
Dino Patti Djalal
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Cuitan mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI, Dino Patti Djalal, soal rumah ibundanya yang menjadi korban mafia sertifikat tanah berbuntut panjang. Urusan ini berbuntut panjang hingga Dino Patti Djalal dipolisikan balik.

Awalnya, Dino Patti Djalal membeberkan kasus ini di Twitter-nya. Saat dihubungi, Dino mengatakan ulah mafia tanah ini berulang. Pelaku mencuri sertifikat tanah milik ibunda Dino dengan menggunakan KTP palsu.

"Itu sudah satu rumah (pertama) jadi korban, kemudian ada satu rumah lagi di daerah Pondok Indah dan juga tahu-tahu sertifikatnya sudah balik nama aja dan balik namanya sudah dua atau tiga kali, ibu saya sama sekali tidak tahu apa-apa," ujar Dino saat dihubungi, Selasa (9/2/2021).

Kasus ini terus bergulir hingga muncul nama Fredy Kusnadi yang disebut Dino sebagai dalang sindikat mafia tanah. Berikut jejak kasus mafia tanah terhadap rumah ibunda Dino Patti Djalal:

Cuitan Dino

Dino menuliskan dalam akun Twitternya bahwa komplotan pencuri sertifikat tanah itu menyasar rumah ibundanya. Para pelaku mengganti nama sertifikat rumah ibunda Dino di BPN.

"Agar publik waspada : satu lagi rumah keluarga saya dijarah komplotan pencuri sertifikat rumah. Tahu2 sertifikat rumah milik Ibu saya telah beralih nama di BPN padahal tidak ada AJB, tidak ada transaksi bahkan tidak ada pertemuan apapun dgn Ibu saya," tulis Dino.

Dino juga membeberkan modus dari para pelaku. Para pelaku diketahui membuat KTP palsu untuk mengelabui korban.

"Modus komplotan: mengincar target, membuat KTP palsu, berkolusi dgn broker hitam+notaris bodong, dan pasang figur2 "mirip foto di KTP" yg dibayar utk berperan sbg pemilik KTP palsu. Komplotan ini sudah secara terencana menargetkan sejumlah rumah ibu sy yg sudah tua.


Polisi: Aktor Sudah Tertangkap

Kasus ini diambil alih oleh Polda Metro Jaya. Polisi menyebut sejumlah pelaku sudah ditangkap, termasuk aktornya, Arnold Siahaya.

"Pelaku mafia sertifikat tanah yang baru-baru ini merugikan ibunda Dino Patti Djalal, pelaku atas nama Arnold Siahaya, Dedi Rusmanto, Ferry, dan kawan-kawan saat ini sudah menjalani putusan pidana terkait mafia properti yang diungkap oleh Subdit Harda pada 2019," ujar Kasubdit Harta Benda AKBP Dwiasi Wiyatputera dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

"Arnold itu aktornya," tambah Dwiasi.

Ketiga pelaku sudah ditahan di rutan Polda Metro Jaya dan Lapas Cipinang. Kasus tersebut terungkap pada Januari 2021.

Dwiasi menjelaskan kasus ini bermula ketika sepupu Dino Patti Djalal yang dipercaya mendiami rumah milik ibunda Dino, Yurmisnawita, didatangi oleh seorang pengacara seseorang bernama Fredy Kusnadi. Ia datang untuk proses balik nama sertifikat hak milik rumah tersebut menjadi milik Fredy Kusnadi.

Sebelumnya, Yurmisnawita memang dipercaya oleh ibunda Dino Patti Djalal, Zurni Hasyim Djalal, untuk mengurus proses jual-beli rumah. Hal itu dikarenakan Zurni kerap berada di luar negeri.

Belakangan diketahui, tidak hanya rumah itu saja yang dialihkan kepemilikannya oleh para pelaku. Pihak Dino Patti Djalal juga melaporkan satu perkara lainnya yang sama, sehingga total ada tiga laporan polisi di Polda Metro Jaya.

"Yang ketiga ini informasi dan saran dari penyelidikan kita. Yang sekarang lagi dalam penyelidikan untuk mencari tahu apa yang dipalsukan," ucap Dwiasi.


Dino Minta Dalang Ditangkap

Dino Patti Djalal pun merespons pernyataan polisi yang menyebut bahwa aktor mafia tanah sudah terungkap. Dino meminta dalang di balik sindikat mafia tanah.

"Saya minta polisi benar-benar ungkap + tangkap para DALANG sindikat yang sesungguhnya," ujar Dino, melalui akun Twitter-nya, Rabu (10/2/2021).

Dino Patti DjalalDino Patti Djalal Foto: M Zhacky-detikcom

Dino meyakini tiga orang yang sudah diciduk itu bukan dalang dari sindikat mafia tanah yang menipu ibundanya. Dia mengingatkan agar negara tak kalah oleh mafia tanah.

"Dengan segala hormat, orang-orang yang 'ditangkap' & 'diadili' ini BUKAN DALANG sindikat tanah yang menipu ibu saya. Jangan sampai negara kalah dan dikadali oleh sindikat tanah," paparnya.

Selengkapnya di halaman berikutnya>>>

Saksikan juga 'Respons Komisi II Soal Rumah Ibu Dino Patti Djalal Dicaplok Mafia Tanah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2