Polisi Terapkan One Way di Puncak Bogor Siang Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 14:16 WIB
Jakarta -

Arus lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, padat. Polisi memberlakukan sistem satu arah (one way) di Jalan Raya Puncak.

Pantauan detikcom, Minggu (14/2/2021) di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, polisi memberlakukan one way atas ke bawah atau dari Cisarua menuju arah Jakarta pada pukul 13.58 WIB. Road barrier untuk menutup akses jalur Puncak dari Ciawi ke Puncak Pass pun telah terpasang.

Setelah diberlakukan one way, arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak dari atas ke bawah ini ramai lancar. Kendaraan dapat melaju tanpa adanya hambatan menuju arah Ciawi atau Jakarta.

Kendaraan didominasi mobil berpelat B. Sesekali ada bus atau truk yang juga melintas di Jalan Raya Puncak.

Sebelumnya, pada pukul 13.13 WIB, kondisi jalur Puncak, Kabupaten Bogor, arah Jakarta mulai dipadati kendaraan. Kepadatan terjadi hingga 2 kilometer. Sedangkan untuk arah sebaliknya atau dari Gadog menuju Puncak Pass masih terpantau ramai lancar.

"One way ini diberlakukan mengingat sampai saat ini ekor yang ke arah Jakarta ataupun arus kendaraan yang ke arah Jakarta, itu sudah sampai dengan Tugu. Kurang lebih ada hambatan dari Pasar Cisarua sampai dengan pom bensin Tugu, itu kurang lebih hampir 2 kilometer," ujar KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut, di TMC Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (14/2/2021).

Dia menambahkan arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak arah Cisarua ke Ciawi padat karena banyak wisatawan yang check out dari penginapan atau hotel. Untuk sampai kapan one way ini diberlakukan, Ketut menjelaskan situasional.

"Makanya kita berlakukan one way ke arah Jakarta mengingat wisatawan yang menginap dari hari Jumat, Sabtu, dan pada saat ini kembali bersamaan. Tadi sekitar pukul 13.00 WIB sudah ada lonjakan arus yang mengarah ke Jakarta, makanya kami memberlakukan one way ke arah Jakarta. Untuk one way ini kita berlakukan sampai arusnya terurai," jelasnya.

"Kalau sudah terurai kembali (volume kendaraan), kita kembalikan (jalur Puncak) dua arah normal, tidak ada lagi one way," imbuh dia.

Tidak ada pemeriksaan swab test antigen kepada pengendara. Cuaca terpantau mendung. Pengendara diimbau berhati-hati dalam berkendara.

Untuk diketahui pula, sekitar 200 kendaraan ke arah puncak Bogor diputar balik pagi tadi.

"Menurut info dari Satpol PP Kabupaten Bogor untuk hari ini Minggu, 14 Februari 2021, (ada sekitar) 200 kendaraan (diputar balik)," ujar Kanit Turjawali Polres Bogor Iptu Ardian Noviansyah, saat dihubungi, Minggu (14/2/2021).

Untuk Jumat (12/2), dia menambahkan Satgas COVID-19 memutarbalikkan 638 kendaraan. Sedangkan kemarin (13/2), ada 1.308 kendaraan yang diputar balik dari Simpang Gadog, Megamendung.

Ardian pun mengatakan petugas akan memutarbalikkan wisatawan yang tidak membawa hasil swab test antigen saat akan menuju Puncak Bogor.

(sab/isa)